20 Program Sekolah Minggu yang Menarik

Yukristen.com – Program sekolah minggu yang menarik. Apa itu sekolah minggu? Sekolah Minggu adalah kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak sekolah dasar pada hari Minggu sambil menghadiri pemujaan di Gereja.

Kegiatan ini dilakukan agar anak-anak tidak bosan berada di dalam rumah ibadah, ketika orang dewasa melakukan prosesi pemujaan minggu ini. Kali ini, Kosngosan akan mencoba memberikan beberapa kegiatan menarik bagi anak-anak untuk dilakukan oleh anak-anak.

Kita dapat membayangkan bahwa orang tua yang membawa anak-anak mereka untuk menyembah gereja mungkin tidak dapat memusatkan penyembahan karena, pada kenyataannya, anak itu sangat aktif. Ini berarti bahwa orang tua kadang-kadang tidak membawa anak-anak mereka.

Meskipun kita dapat merayakan sekolah yang bersahabat untuk anak-anak, dan mereka mengandung kegiatan spiritual sederhana (seperti ibadah kreatif) yang mengajarkan keterampilan pengetahuan dan menanamkan nilai-nilai ajaran agama Kristen sehingga generasi ini lebih religius.

  • Beberapa keperluan pelaksanaan sekolah Minggu ini meliputi yang berikut.
  • Sebagai sarana untuk menanamkan ajaran Allah dalam kehidupan anak-anak.
  • Membuat anak-anak ingin datang secara mandiri ke gereja.
  • Latih anak-anak untuk melayani orang lain seperti teman-teman mereka
  • Menjadi salah satu kondisi yang kondusif untuk mengajarkan Firman Tuhan
  • Siapkan pelayan terbaik untuk generasi muda.

Banyak yang bingung mengkompilasi program sekolah minggu. Selain itu, guru yang mungkin tidak memiliki permainan referensi yang menarik yang cocok untuk anak-anak. Tetapi jangan khawatir saat ini, kami akan memberikan rekomendasi untuk kegiatan sekolah Minggu yang dapat menjadi referensi untuk Anda.

Ide Program Sekolah Minggu yang Menarik

Sekolah Minggu harus menyediakan kegiatan yang ramah dengan anak-anak. Ini agar mereka tidak merasa didakwa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini secara teratur. Beberapa contoh program kerja untuk anak-anak dari Sekolah Minggu yang telah Kosngosan.com dirangkum sebagai berikut.

1. Kegiatan Lari Pagi

Kakak guru sekolah Minggu terhitung mampu nih mengajak anak-anak beserta keluarganya untuk berolah raga bersama sambil membantu pelayanan penginjilan di generasi ini.

2. Acara Pertunjukan Bakat

Kegiatan ini lumayan seru untuk dilakukan. Kamu mampu mengajak tiap tiap anak di dalam buat persiapan bakat yang mereka mempunyai kemudian dipertunjukkan bersama keluarganya. Seperti seandainya bakat untuk menyanyi, bermain drama, panggung boneka, dan lainnya. Setelah itu, mereka mampu terhitung mempersembahkannya dan keluarga lainnya sebagai penontonnya.

3. Memasak Bersama

Sobat kosngosan mampu sedia kan bahan masakan yang ringan untuk diolah bareng keluarga di sekolah Minggu. Lalu kamu mampu mengajak bagian keluarga lainnya untuk memasak bersama bersama bahan yang sudah ada. Sambil makan kamu mampu mengemukakan firman Tuhan yang terkait bersama “makan bersama” atau “bersyukur atas hidup”

4. Game Membangun Komunitas

Kamu mampu menyebabkan kartu domino ukuran besar layaknya 1 x 2 m yang terbuat berasal dari karton lumayan tebal. Tulis garis sedang karton dan berikan lingkaran kecil terhadap masing sisinya. Jika tersedia yang di sisi kanannya enam lingkaran dan sisi lainnya tiga lingkaran. Bentuklah sebagian domino dan sedia kan domino yang mempunyai sisi kosong (tidak tersedia lingkaran)

Cara bermainnya adalah bersama menyebarkan dominonya di lantai, selanjutnya memulai lagu rohani. Seluruh keluarga terhitung mampu ikutan bermain dan jadi melingkari domino di lantai. Ketika lagunya berhenti, mereka mesti menaruh tidak benar satu ujung kakinya di lingkaran domino. Bagian domino yang kosong, mampu memuat sebanyak-banyaknya orang yang tidak memperoleh lingkaran. Game ini sangat seru sebab tiap tiap bagian keluarga bakal berlomba untuk membantu saudaranya yang lain untuk memperoleh lingkaran

5. Bancakan atau Liwetan

Salah satu game ini mampu dijalankan bersama tiap tiap keluarga mempunyai lauk yang bakal disantap saat mengadakan bancakan atau liwetan. Sebelum makan, kamu bersama anak-anak sekolah minggu mampu mementaskan drama Al-kitab yang sudah mereka pelajari sebelumnya. Setelah itu tiap tiap keluarga mampu mendoakan pergumulannya bersama, sebelum akhirnya menyantap makanan bareng-bareng

6. Game Topi Berair

Kamu mampu buat persiapan air dan gayung sebanyak grup yang ada, tersedia terhitung empat ember kecil untuk menampung air yang sudah di-estafet-kan. Bentuklah topi berasal dari bola plastik yang dimodif sehingga mampu menampung air dilengkapi bersama karet di leher.

Topi boleh dipegangi bersama dua tangan saat terima air berasal dari depan atau saat memindahkan air ke belakang. Setelah terima air berasal dari depan mampu membalikkan badan dan memindahkan air ke kawan yang berada di belakangnya, sambil mencondongkan badan ke depan atau membungkuk.

7. Game Matematika Seru

Setiap anak yang ada terhadap sekolah minggu menyebut angka 1, anak seterusnya angka 2, angka 3 dan setelah itu sampai jumlah orang habis. Setiap anak mesti hafalkan nomornya sendiri. Satu di jadi satu; jawabannya Dua. maka orang yang tadi mendapat nomor Dua, boleh berdiri, dan menyebabkan soal baru.

Misalkan : Dua dikali Dua, maka orang yang tadi mendapat nomor boleh berdiri, dan menyebabkan soal baru. Semua orang mesti menyebabkan soal diawali berasal dari angkanya sendiri. Untuk angka Nol, dipegang sendiri oleh sahabat kosngosan ya. Siapa yang macet, tidak paham kalau dia mesti langsung berdiri, maka dia kalah dan mesti dihukum bersama bernyanyi, misalnya.

8. Game Pikiran Positif

Semua anak mampu duduk melingkar, seandainya belum saling kenal, hafalkan dulu nama anak yang main bersama di dalam permainan ini. Pemimpin permainan menjelaskan ketentuan main. Yaitu tiap tiap anak mesti menjelaskan suatu hal yang positif, dan lumayan cuma satu kata saja.

Misalnya rajin, taat, manis, hebat, tekun, sabar, dan sebagianya.. Kata yang sudah diucapkan orang lain tidak boleh diulang lagi. Pengucapan mesti cepat atau spontan, kalau berselang lima detik saja, gugur. Pemain paling akhir yang masih tetap bertahan dia menang.

9. Game Sambung Kata

Jenis game ini banyak sekali dijalankan oleh anak-anak sekolah minggu. Manfaatnya beri tambahan kekuatan pemikiran kepada anak di dalam membayangkan kata apa saja yang bakal disandingkan bersama kata sebelumnya. Tidak tersedia perlengkapan yang dibutuhkan, para murid lumayan jalankan langkah-langkah selanjutnya :

  • Meminta anak anak membentuk lingkaran
  • Anak anak cuma boleh menjelaskan satu kata yang nantinya bakal dilanjutkan oleh kawan sebelahnya
  • Kamu mampu memulai permainan bersama beri tambahan satu kata selanjutnya menunjuk peserta untuk meneruskannya
  • Saat anak menjelaskan kata yang “tidak nyambung” maka dia gugur
  • Anak tidak boleh menjawab lebih berasal dari 2 detik
  • Anak yang gugur mesti keluar berasal dari lingkaran
  • Game ini tetap berjalan melingkar sampai tersisa 1 anak sebagai pemenang

10. Game Truth or Dare

Permainan untuk mengasah kejujuran ini sebenarnya sedang viral di fasilitas sosial, sebab update fitur baru di stories tidak benar satu fasilitas sosial terbesar itu. Permainan ini mampu diterapkan di dalam kesibukan kelas yang menyenangkan. Dan cocok sekali digunakan untuk melatih perbendaharaan kata berasal dari anak. Yang mesti dipersiapkan adalah botol, kartu dan spidol.

Kamu mampu buat persiapan beraneka gambar yang bakal digunakan untuk game. Gambar selanjutnya bakal dipakai untuk bahan tebak tebakan

Meminta semua anak membentuk lingkaran. Game ini biasanya diawali bersama memutar botol, atau kamu terhitung mampu menentukan tidak benar satu berasal dari peserta

Ketika anak diberikan dua pilihan, maka mereka mesti menentukan menjawab segala pertanyaan bersama jujur atau mesti jalankan apa-pun yang disuruh untuk menjawab gambar yang tersedia diatasnya

Anak dinyatakan sukses seandainya mereka sukses menjawab nama berasal dari benda yang digambar di kartu dan ditaruh diatas kepalanya.

11. Game Daftar Benda

Kamu mampu menghendaki anak anak untuk berdiri membentuk lingkaran. Sampaikan tujuannya yakni tiap tiap anak diminta menjelaskan benda di dalam kategori spesifik dan dilanjutkan bersama anak berikutnya. Misalnya sahabat kośngosan memberi perintah, “Sebutkan benda yang tersedia di Gereja”, maka tiap tiap anak bakal bergantian menyebutkan: kursi, meja, bunga, dan lain-lain.

Untuk melindungi sehingga tidak berjalan kesepahaman di dalam memainkan game ini, mesti disampaikan sebagian ketentuan yang berlaku, seperti:

  • Dilarang ulangilah benda yang disebut. Seperti : A menjelaskan “sapu”, maka B tidak boleh “sapu lidi” C tidak boleh “sapu ijuk” sebab sama fungsinya. Jadi benda yang dicari mesti tidak serupa sama sekali
  • Tentukan batasan pas berpikir, jangan sangat lama seandainya kurang lebih lima detik saja.
  • Tentukan jurinya sebelum permainan dilakukan

12. Game Turunan Kata

Kamu mampu membagi anak di dalam sebagian kelompok. Sampaikan kepada anak bahwa mereka bakal bermain game “Turunan Kata” dimana tiap tiap grup bakal diberikan sebuah kata untuk kemudian di cari turunan katanya. Semakin banyak turunan kata yang berjalan maka makin besar kemungkinan menangnya.

Misalkan untuk kata “Perlengkapan”, maka turunan katanya pada lain: lengkap, kapan, naga, elang, papan, apa dan lainnya. Sebelum memulai, kamu mesti mengemukakan terhadap awal ketentuan yang mesti dipatuhi selama memainkan permainan ini :

Kata turunan yang dipilih tidak boleh nama orang. Kecuali tersedia benda yang sudah menggunakan nama itu. Misalkan di kelas tersedia yang bernama Mawar. Maka, turunan kata yang ditulis boleh Mawar sebab Mawar adalah nama bunga.

Tidak boleh singkatan di dalam wujud apa-pun dan asosiasinya, resmi atau yang berasal berasal dari trend di masyarakat. Misalnya: DPR, MPR, Baper, Perda, PSSI dan lain-lain.

Hanya menggunakan bhs Indonesia yang cocok EYD

Bagaimana menentukan pemenangnya? Pemenang mampu ditentukan dari

Jumlah kata yang paling banyak. Semakin banyak kata turunan maka makin jadi pemenangnya.

Setiap kata turunan yang berjalan diberikan bobot. Seperti 3 huruf miliki nilai 10, 4 huruf miliki nilai 20 dan setelah itu (Tetapi langkah ini lebih lama)

13. Game Meniru Pergerakan

Kamu mampu menghendaki anak anak untuk berdiri berhadapan saling berpasang. Tujuan game ini layaknya menyontoh gerakan kawan yang tersedia dihadapannya. Sampaikan bahwa kamu cuma bakal beri tambahan instruksi 1, 2, 1, 2. Karena itu, sebelum game ini dimulai, anak anak mesti menentukan diri dan pasangannya siapa yang jadi 1 dan siapa yang jadi 2.

Lalu sahabat mampu mengemukakan saat menyebut “1” maka anak anak bersama kode “1” mesti menyebabkan gerakan dan “2” langsung menirukan gerakan “1”. Sebaliknya, kalau kamu menyebut angka “2” maka “2” mesti menyebabkan gerakan dan “1” mesti ikuti gerakan “2”.

Pemenangnya mereka yang paling sedikit jalankan kesalahan saat menirukan gerakan pasangannya. Kalau perlu, tentukanlah tema gerakan yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan.

14. Game Kata motivatif

Kamu mampu menuliskan empat kalimat ini di papan tulis (bisa kalimat apa saja asalkan yang memotivasi dan quotes)

Sore ini sangat indah Langit dan Matahari begitu cerah Saya bersiap untuk belajar dan bersemangat Supaya banyak pengetahuan saya dapat

Lalu kamu mampu mengajak anak anak untuk mengucapkan kalimat selanjutnya secara berulang ulang. Kemudian sahabat kosngosan mampu menghapus kalimat tersebut. Kamu mengucapkan kalimat pertama, selanjutnya anak anak mengucapkan kalimat kedua. Kamu mengucapkan kalimat ketiga, selanjutnya anak anak mengucapkan kalimat keempat. Pastikan kamu sudah menghafal keempat kalimat selanjutnya sebelum beri tambahan kesibukan ini

15. Game Tepuk Cermat

Game ini bakal membantu anak anak sekolah minggu sehingga mampu fokus. Kamu mampu beri tambahan perintah kepada anak, “Bertepuk tangan tiga kali, seandainya guru menjelaskan nama buah. Bertepuktangan dua kali, seandainya guru menjelaskan nama sayur” Lakukanlah permainan ini bersama anak. Kamu mampu mengubah nama bendanya bersama nama lainnya. Kamu mampu menggunakan lagu “Sedang Apa”. Lagu ini mengajak anak untuk bertanya jawab berkelompok.

16. Game Membuat Pantun

Dalam permainan ini cuma mempunyai ketentuan yang sederhana, yakni guru beri tambahan perintah kepada anak anak untuk menyebabkan pantun bersama sajak AA-AA atau AB-AB cocok bersama nama nama benda yang sudah ditentukan. Kemudian membacakannya ke depan satu per satu. Game ini bertujuan untuk menaikkan kemampuan sastra para anak didik di sekolah minggu

17. Game Pesan Berbisik

  • Game ini lumayan sederhana, kamu mampu membagi anak anak jadi sebagian grup yang terdiri berasal dari empat rang
  • Masing-masing grup berbaris lurus sambil membelakangi guru
  • Anak anak yang terdepan berasal dari tiap tiap grup menghadap guru
  • Kemudian kamu mampu menjelaskan kalimat yang mesti disebutkan secara berbisik kepada anak-anak bersama langkah dihapal
  • Pilihlah kata yang susah dan panjang. Seperti ular melingkar di pagar Ibu Diana
  • Anak anak yang paling akhir di dalam tiap tiap grup bertugas menjelaskan pesan yang baru saja dia terima
  • Kemudian grup yang ada masalah mengingat kata yang sama dinyatakan kalah
  • Lakukakan sampai para anak tidak kembali meras jenuh

18. Game Analisis Berita Terkini

  • Game ini bertujuan untuk mengasah kemampuan public speaking berasal dari anak anak sekola minggu
  • Pertama kamu mampu mengelompokkan anak anak di dalam sebuah grup yang terdiri berasal dari empat orang
  • Kemudian guru menginstruksikan anak untuk berdiskusi berkenaan perihal kurang lebih yang sedang viral, seandainya berkenaan banjir
  • Setiap grup mesti mempunyai ketua tim-nya sendiri
  • Adapun peran berasal dari ketua tim yakni mengemukakan pendapat anggotanya di wajah umum sekaligus memperkenalkan bagian kelompoknya
  • Kelompok lain diminta untuk berpenddapat berkenaan hasil diskusi yang serupa

19. Game Sambung Kata

  • Game ini lumayan simple untuk dijalankan anak sekolah minggu beraneka usia
  • Guru menyuruh anak-anak di dalam menyebabkan sebuah lingkaran
  • Kemudian anak anak cuma mampu menjelaskan satu kata saja
  • Sobat kosngosan.com kemudian menjelaskan satu kata selanjutnya anak yang ditunjuk guru mesti melanjutkan kata yang disebut
  • Rangkaian kata yang dibikin haruslah masuk akal dan cocok EYD
  • Setelah menyebut rangkaian kata, anak anak setelah itu menyambung kata paling akhir yang disebutkan peserta sebelumnya
  • Misalkan Reza, Reza sehat, Sehat itu Harus, Harus mandi dan lanjutan berikutnya
  • Apabila rangkaian kata yang disebutkan tidak masuk akal, maka anak selanjutnya mesti keluar berasal dari permainan dan diberi hukuman

20. Game Menghafal Nomor

  • Game ini bertujuan untuk mempertajam ingatan dan kemampuan numerik berasal dari anak sekolah minggu
  • Guru kemudian memerintahkan anak anak untuk berhitung
  • Kemudian anak anak diwajibkan menghafalkan nomor yang sudah dia sebutkan
  • Guru kemudian mengecek apakah para anak sudah menghapal nmornya
  • Guru mampu menjelaskan angka tiga misalnya, maka anak yang mempunyai angka tiga mesti menjawab DOR dan menjelaskan angka yang lain
  • Angka yang sudah dia sebutkan tidak boleh diulang kembali
  • Apabila anak anak tidak merespon di dalam tiga detik, mereka tidak mampu ikuti sesi game ini lagi
  • Teruskan permainan sampai menyisakan satu orang sebagai pemenang

Kesimpulan

Sekian pembahasan lengkap mengenai ide program sekolah minggu yang menarik, sekolah minggu adalah, sekolah minggu kreatif, mengapa kamu harus mengikuti kebaktian di sekolah minggu, sejarah sekolah minggu, sekolah minggu katolik, cerita sekolah minggu, sekolah minggu online, lagu sekolah minggu.

Baca:


Tinggalkan komentar