Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Peraga Sekolah Minggu (Ide dan Manfaat)

Daftar Isi [show]

Yukristen.com - Alat peraga sekolah minggu. Bagi seorang guru sekolah minggu, mengajar dengan menggunaan alat peraga adalah hal yang bisa menjadi opsi. Mengapa demikian? Karena untuk menjaga anak sekolah inggu tetap tenang.

alat peraga sekolah minggu

Selain itu alat peraga juga bisa membuat anak sekolah minggu memberikan perhatian selama 10-15 menit dalam menyampaikan firman bukanlah perkara mudah. Oleh karenanya alat peraga menjadi yang mutlak dibutuhkan dalam pengajaran di sekolah minggu.

Selain hal-hal tersebut. Penggunaan alat peraga untuk mengajar anak-anak sekolah minggu juga memiliki beberapa manfaat lain. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan di bawah berikut ini mengenai manfaat alat peraga untuk anak sekolah minggu.

Manfaat Alat Peraga untuk Sekolah Minggu

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan alat peraga sebagai media mengajar anak-anak sekolah minggu. Silahkan disimak.

  • Mempermudah guru dalam menyampaikan firman Tuhan.
  • Mempermudah murid dalam mengerti pengajaran yang diterima
  • Melalui alat peraga pengajaran firman Tuhan dapat dilakukan lebih menarik
  • Anak akan lebih tenang dan fokus selama mendengarkan firman Tuhan (catatan: selama alat peraga dibuat dan disajikan semenarik mungkin).
  • Menolong anak sekolah minggu mengingat pengajaran dalam waktu yang cukup lama bahkan bisa seumur hidupnya.

Bila manfaatnya sedemikian besar, maka setiap guru sekolah minggu harus bisa menyiapkan firman Tuhan dengan sunggu-sungguh. Maksud dari sungguh-sungguh ialah guru tidak hanya cukup membaca firman Tuhan, membuat materi firman Tuhan hanya dalam garis-garis besar pengajaran, namun juga mengembangkan kreatifitas pengajaran agar makna pengajarannya bisa diterima dengan jelas.

Ide Alat Peraga Sekolah Minggu

Lalu, alat peraga apa saja yang bisa digunakan untuk sekolah minggu? Berikut ulasan lengkapnya.
  • Diri andalah alat peraga yang efektif dan ampuh. Kita diberi mulut, tangan, kaki, tubuh, pikiran dengan segala potensi yang ada dari Tuhan. Sudah banyak ilmu yang dibagi di internet bagaimana bercerita dengan mimik muka yang berbeda, menggunakan intonasi yang berbeda, mendongeng, dsb.
  • Gunakan alam sekitar anda untuk dijadikan alat peraga. Alam sekitar kita bisa tanaman, batu, tanah, pasir, air. Oleh karena itu baik kalau, kadangkala kelas sekolah minggu itu tidak hanya berada di dalam ruangan, namun sekali-kali ajaklah anak-anak untuk menyatu dengan alam; mengajak mereka pergi dan mengenali alam.
  • Menggunakan bahan-bahan sisa yang dapat di daur ulang. Bahan sisa yang dapat dipakai untuk membuat alat-alat peraga bisa ditemukan disekitar, asal anda juga peka, kreatif dan mau belajar hal-hal baru melalui bahan-bahan bekas.
  • Membeli alat peraga yang sudah dijual di toko-toko. Kalau yang satu ini tentunya, "asal ada uang berapapun harga alat peraga akan terbeli"

Kesimpulan

Sekian pembahasan lengkap mengenai alat peraga untuk sekolah minggu, mulai dari manfaat penggunaan dan ide atau contoh alat peraga yang cocok digunakan untuk anak sekolah minggu. Semoga bermanfaat bagi guru sekolah minggu.

Baca:

Show comments