Iklan Atas

18 Ayat Alkitab Tentang Memaafkan Orang Lain

Daftar Isi [hide]

    Yukristen.com - Ayat Alkitab firman Tuhan tentang saling memaafkan. Ada satu pepatah mengatakan bahwa orang yang bisa memaafkan diri sendiri maupun orang lain adalah orang yang paling hebat di dunia.

    ayat alkitab tentang memaafkan orang lain

    Memaafkan bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Hanya orang-orang yang dapat meredam amarah dan mampu melawan hawa nafsu dalam diri yang bisa melakukannya. Saat ada orang lain berbuat buruk pada diri Anda, maafkanlah, dan panjatkan doa kristen untuk orang yang menyakiti kita.

    Tuhan telah berfirman bahwasannya Ia sangat mencintai orang-orang pemaaf. Ia menyukai orang yang sanggup memberi maaf kepada orang lain maupun diri sendiri ketika melakukan kesalahan. Dan setelah itu, Tuhan akan memberikan berkatnya dengan lebih banyak bagi kehidupan manusia.

    Di bawah ini kami akan memberikan beberapa kumpulan ayat emas Alkitab yang membahas tentang memaafkan, sifat pemaaf, dan cara memberi maaf kepada orang lain meski hati terasa berat untuk melakukannya. Namun sebelum itu, silahkan simak alasan kenapa kita harus menjadi orang yang suka memaafkan.

    Alasan Kenapa Kita Harus Memaafkan

    Alasan kenapa kita harus memaafkan adalah karena dengan memberi maaf akan membuat hati kita lebih tenang dan sejahtera. Ketika kita memberi maaf kepada orang yang menyakiti atau mengecewakan ktia, sesungguhnya itu akan membuat hati kita lebih damai.

    Memaaafkan juga dapat membuat seseorang menjadi lebih sehat. Sebab jika hidup hanya dipenuhi dengan memikirkan masalah, yang ada itu hanya akan membuat kita semakin stres dan memicu munculnya penyakit lain dalam tubuh.

    Seseorang bisa saja menjadi sulit memaafkan dikarenakan emosi yang terlalu lama. Biasanya, hal tersebut selain menimbulkan rasa sulit memahami, juga bisa memunculkan sikap kecewa dan amarah yang pada akhirnya membuat kita menjadi sulit memaafkan orang lain.

    Baca: Renungan Kristen Tentang Mengampuni

    Ayat Alkitab Tentang Memaafkan Orang Lain

    Pentingnya memaafkan telah dijelaskan Tuhan melalui firman-Nya. Dan di bawah ini kami akan menuliskan sejumlah ayat-ayat emas Alkitab yang membahas tentang memafkan dan melupakan kesalahan orang lain, silahkan disimak.

    Imamat 19: 18
    Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri, Akulah Tuhan

    Markus 11:25
    Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.

    Lukas 6:36
    Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.

    Kolose 3: 13
    Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

    Yesaya 43: 25-26
    Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu. Ingatkanlah Aku, marilah kita berperkara, kemukakanlah segala sesuatu, supaya engkau nyata benar!

    Kolose 1: 13-14
    Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

    Daniel 9: 9
    Pada Tuhan, Allah kami, ada kesayangan dan keampunan, walaupun kami telah memberontak terhadap Dia.

    Lukas 6:37
    Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.

    Yakobus 5: 15
    Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.

    Matius 6: 14-15
    Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.

    Matius 26: 28
    Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

    2 Korintus 5: 17
    Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

    1 Yohanes 1: 9
    Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

    Lukas 7: 47-48
    Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih." Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni."

    Lukas 23: 34
    Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.

    Efesus 4:31-32
    Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

    Lukas 17:3-4
    Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia.

    Matius 6:12
    Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami.

    Kesimpulan
    Itu dia sejumlah kumpulan ayat alkitab tentang memaafkan, diri sendiri, sebelum matahari terbenam, kesalahan orang lain, orang yang menyakiti dan melupakan kita, ayat tentang memberi maaf 70 kali, 7 kali, terhadap orang, teman, pasangan, kekasih, ayat yang menjadi alasan kenapa ktia harus memaafkan, mengampuni, ayat tentang pengampunan dan sebagainya.

    Baca:
    Show comments
    Hide comments

    Belum ada Komentar untuk "18 Ayat Alkitab Tentang Memaafkan Orang Lain"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel