40 Ayat Alkitab Tentang Cinta dan Kasih Sayang

Yukristen.com – Ayat alkitab tentang cinta dan kasih sayang. Kita sebagai manusia hidup di Bumi tidak bisa sendiri, setiap insan manusia membutuhkan bantuan manusia lain untuk menjalani hidup, hubungan antar manusia disebut dengan sosialisasi.

Setiap pertemuan yang baik akan menghasilkan hal baik, seperti cinta dan kasih sayang. Cinta adalah perasaan peduli terhadap satu orang atau lebih serta tidak ingin ada kejadian buruk menimpa orang yang kita cintai.

Perasaay cinta disebut juga dengan kasih sayang. Rasa sayang adalah perasaan kepada seseorang atau lebih dengan berharap orang yang kita sayangi selalu mendapat kebaikan, cita-citanya tercapai, tidak pernah larut dalam kesedihan dan sebagainya.

Namun demikian, rasa cinta dan kasih sayang tidak melulu berhubungan dengan orang, ada pula rasa sayang dan cinta kepada sebuah benda, barang, atau makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Karena cinta dan kasih sayang itu tidak terbatas pada manusia saja.

Dan tahukah Anda, bahwa ada yang menyayangi kita lebih dari apapun, ada yang mencintai sekaligus mengasihi kita bahkan walaupun kita tidak menyadarinya? Dia adalah orang yang memberikan kehidupan, kebahagiaan dan sukacita kepada kita. Dia adalah Tuhan Yesus Kristus.

Baca: Kata Kata Rohani Kristen yang Menguatkan

Saat kita bangun pagi, Tuhan memberikan kesempatan kepada kita untuk menghirup udara segar, ketika siang, Tuhan memberikan nikmat berupa pekerjaan yang layak serta rekan kerja yang ramah. Saat malam, Tuhan memberi kita kenyamanan dalam rumah bersama keluarga.

Ada banyak hal lain yang diberikan Tuhan sebagai bentuk rasa cinta dan kasih sayangnya kepada kita. Meski kadang kita lupa untuk bersyukur, namun percayalah, Tuhan akan selalu menyertai kita sepanjang hidup.

Ayat Alkitab Tentang Cinta

Dalam beberapa Alkitab Kristen dijelaskan betapa Tuhan Yesus mencintai kita lebih dari apapun. Berikut adalah beberapa ayat-ayat emas Alkitab yang menunjukkan betapa besar rasa cinta Tuhan kepada ktia sebagai manusia dan penghuni di bumi.

Kejadian 29:31
Ketika TUHAN melihat, bahwa Lea tidak dicintai, dibuka-Nyalah kandungannya, tetapi Rahel mandul.

Mazmur 26:8
TUHAN, aku cinta pada rumah kediaman-Mu dan pada tempat kemuliaan-Mu bersemayam.

Hosea 3:1
Berfirmanlah TUHAN kepadaku: “Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis.”

Mazmur 11:5
TUHAN menguji orang benar dan orang fasik, dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan.

Amos 5:15
Bencilah yang jahat dan cintailah yang baik; dan tegakkanlah keadilan di pintu gerbang; mungkin TUHAN, Allah semesta alam, akan mengasihani sisa-sisa keturunan Yusuf.

Yesaya 61:8
Sebab Aku, TUHAN, mencintai hukum, dan membenci perampasan dan kecurangan; Aku akan memberi upahmu dengan tepat, dan akan mengikat perjanjian abadi dengan kamu.

Kejadian 29:32
Lea mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Ruben, sebab katanya: “Sesungguhnya TUHAN telah memperhatikan kesengsaraanku; sekarang tentulah aku akan dicintai oleh suamiku.”

Mazmur 40:16
Biarlah bergembira dan bersukacita karena Engkau semua orang yang mencari Engkau; biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu tetap berkata: “TUHAN itu besar!”

Amsal 12:1
Siapa mencintai didikan, mencintai pengetahuan; tetapi siapa membenci teguran, adalah dungu.

Kejadian 29:33
Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: “Sesungguhnya, TUHAN telah mendengar, bahwa aku tidak dicintai, lalu diberikan-Nya pula anak ini kepadaku.” Maka ia menamai anak itu Simeon.

Mazmur 119:167
Aku berpegang pada peringatan-peringatan-Mu, dan aku amat mencintainya.

Mazmur 122:6
Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem: “Biarlah orang-orang yang mencintaimu m  mendapat sentosa.

Mazmur 119:47
Aku hendak bergemar dalam perintah-perintah-Mu yang kucintai itu.

1 Raja-raja 11:2
Padahal tentang bangsa-bangsa itu TUHAN telah berfirman kepada orang Israel: “Janganlah kamu bergaul dengan mereka dan merekapun janganlah bergaul dengan kamu, sebab sesungguhnya mereka akan mencondongkan hatimu kepada allah-allah mereka.” Hati Salomo telah terpaut kepada mereka dengan cinta.

Mazmur 119:113
Orang yang bimbang hati kubenci, tetapi Taurat-Mu kucintai.

Ibrani 1:9
Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutu-Mu.”

Yehemia 16:36
Beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena engkau menghamburkan kemesumanmu dan auratmu disingkapkan dalam persundalanmu dengan orang yang mencintaimu dan dengan berhala-berhalamu yang keji dan oleh karena darah anak-anakmu yang engkau persembahkan kepada mereka,

Hakim-hakim 16:4
Sesudah itu Simson jatuh cinta kepada seorang perempuan dari lembah Sorek yang namanya Delila.

Mazmur 69:36
anak cucu hamba-hamba-Nya akan mewarisinya, dan orang-orang yang mencintai nama-Nya akan diam di situ.

Zakharia 8:19
“Beginilah firman TUHAN semesta alam: Waktu puasa dalam bulan yang keempat, dalam bulan yang kelima, dalam bulan yang ketujuh dan dalam bulan yang kesepuluh akan menjadi kegirangan dan sukacita dan menjadi waktu-waktu perayaan yang menggembirakan bagi kaum Yehuda. Maka cintailah kebenaran dan damai!”

Ayat Alkitab Tentang Kasih Sayang

Selain itu, ada pula ayat-ayat Alkitab lain, baik Kristen Katolik maupun Protestan yang menjelaskan mengenai bentuk kasih sayang apa saja yang diberikan oleh Tuhan kepada kita sebagai berkah dan nikmat untuk manusia.

Roma 16:8
Salam kepada Ampliatus yang kukasihi dalam Tuhan.

Efesus 6:24
Kasih karunia menyertai semua orang, yang mengasihi Tuhan kita Yesus Kristus dengan kasih yang tidak binasa.

1 Korintus 16:22
Siapa yang tidak mengasihi Tuhan, terkutuklah ia. Maranata!

1 Yohanes 4:19
Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

2 Tesalonika 3:5
Kiranya Tuhan tetap menujukan hatimu kepada kasih Allah dan kepada ketabahan Kristus.

1 Timotius 1:14
Malah kasih karunia Tuhan kita itu telah dikaruniakan dengan limpahnya kepadaku dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus.

Filipi 4:1
Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih!

Mazmur 116:1
Aku mengasihi TUHAN, sebab Ia mendengarkan suaraku dan permohonanku.

Malaekha 1:2
“Aku mengasihi kamu,” firman TUHAN. Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah Engkau mengasihi kami?” “Bukankah Esau itu kakak Yakub?” demikianlah firman TUHAN. “Namun Aku mengasihi Yakub.

1 Tesalonika 3:12
Dan kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah-tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang, sama seperti kami juga mengasihi kamu.

Yeremia 31:3
Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu.

2 Korintus 13:14
Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.

1 Korintus 16:23
Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai kamu.

2 Timotius 1:2
kepada Timotius, anakku yang kekasih: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai engkau.

Ibrani 12:6
karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak.”

Yudas 1:17
Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul-rasul Tuhan kita, Yesus Kristus.

Filemon 1:5
Karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus.

Roma 16:12
Salam kepada Trifena dan Trifosa, yang bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan. Salam kepada Persis, yang kukasihi, yang telah bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan.

Mazmur 86:15
Tetapi Engkau, ya Tuhan, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah m  kasih dan setia.

Efesus 6:23
Damai sejahtera dan kasih dengan iman dari Allah, Bapa dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai sekalian saudara.

Kumpulan Ayat Alkitab Lainnya

Ada banyak artikel mengenai ayat Alkitab yang sebelumnya telah dipublikasikan, berikut adalah beberapa daftar diantaranya, silahkan simak sebagai bahan bacaan yang bermanfaat.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai ayat alkitab tentang cinta dan kasih sayang Tuhan Yesus Kristus, persaudaraan, kesetiaan cinta, pasangan hidup, kasih keluarga, rindu pacar, pacaran jarak jauh, cinta sejati, penyertaan dan berkat dari Tuhan.

Baca :


Tinggalkan komentar