Etika Bisnis Menurut Agama Kristen, Pahami Hal Berikut

Yukristen.com – Etika bisnis Kristen. Setiap orang Kristen perlu menjunjung tinggi etika ketika menjalani bisnis dalam agama Kristen, sebab apabila menghindarinya akan ada banyak keburukan dan kerugian yang bisa dialami tanpa diduga.

Seorang teman berkata bahwa berbisnis adalah menutup mata terhadap etika dan menutup mata terhadap segala sesuatu kecuali uang. Dengan kata lain, katanya, selain dari peraturan perundang-undangan yang berlaku di tempat itu saat itu, dunia bisnis adalah dunia yang jauh dari nilai dan norma.

Apa yang dilarang oleh aturan dapat dilegalkan di masa depan, jadi moralitas hanyalah seperangkat aturan yang dapat diubah sesuai dengan situasi. Mungkin pandangan di atas mewakili pandangan sebagian besar pengusaha di dunia, termasuk orang Kristen dan non-Kristen.

Ia harus dilihat sebagai kegiatan yang memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup, dan perdagangan adalah “tindakan” yang mendorong kegiatan ekonomi. Perputaran modal yang besar cenderung menyerap dan menghancurkan moralitas yang paling kuat. Artikel ini bertujuan untuk membahas secara teoritis pandangan etika Kristen dalam bisnis, dan dilengkapi dengan kasus nyata.

Baca: Contoh Doa Kristen Meminta Rezeki

Definisi Etika dalam Kegiatan Bisnis

Terdapat sejumlah pengertian dan penjelasan mengenai etika dalam kegiatan bisnis. Melansir dari batjokes.com, berikut kami sampaikan beberapa referensi yang bisa Anda simak.

Ethics is the discipline that deals with what is good and bad and with moral duty and obligation. Ethics can also be regarded as a set of moral principles or values. Morality is a doctrine or system of moral conduct. Moral conduct refers to that which relates to principles of right and wrong in behavior. Business ethics, therefore, is concerned with good and bad or right and wrong behavior that takes place within a business context. Concepts of right and wrong are increasingly being interpreted today to include the more difficult and subtle questions of fairness, justice, and equity.(Caroll & Buchholtz).

Ethics is a philosophical term derived from the Greek word “ethos,” meaning character or custom. This definition is germane to effective leadership in organizations in that it connotes an organization code conveying moral integrity and consistent values in service to the public (R. Sims).

Etika adalah disiplin yang berkenaan dengan apa yang dianggap baik dan buruk dan dengan kewajiban moral dan kewajiban. Etika dapat juga diartikan sebagai seperangkat prinsip-prinsip moral atau nilai-nilai. Moralitas adalah doktrin atau sistem kebiasaan moralitas. Hal ini menunjukkan hubungan kepada prinsip-prinsip dari apa yang biasa dikatakan benar atau salah. Oleh karenanya, etika bisnis berkaitan dengan kebiasaan yang baik atau salah dalam suatu konteks tertentu. Konsep dari benar dan salah banyak diinterpretasikan hari ini untuk memahami pertanyaan sulit akan kepantasan, keadilan dan kesamaan (Caroll & Buchholtz).

Etika dalam Kegiatan Bisnis Menurut Kristen

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita tinjau terlebih dahulu pengertian etika bisnis. Etika bisnis adalah studi khusus tentang moral yang benar dan salah. Penelitian ini berfokus pada standar etika yang diterapkan pada kebijakan, sistem, dan perilaku bisnis.

Etika bisnis adalah studi tentang standar formal dan bagaimana penerapannya pada sistem dan organisasi yang digunakan masyarakat modern untuk memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa, dan bagaimana penerapannya pada orang-orang dalam organisasi.

Di sisi lain, pandangan gereja tentang bisnis mungkin berbeda. Menurut catatan sejarah, dunia Yunani tidak memiliki konsep “profesionalisme”, dan pekerjaan itu adalah kutukan. Mentalitas ini sangat mempengaruhi pandangan gereja mula-mula, sehingga sebagian besar bapa gereja mula-mula (kecuali Clement dari Alexandria) menganut gaya hidup “naik turun”.

Pada tingkat tertinggi adalah pendeta yang tidak terlibat dalam pekerjaan sekuler. Secara umum, sektor bisnis biasanya menempati urutan kedua atau bahkan ketiga. Pada abad ke-15, hanya pendeta yang dianggap telah menerima panggilan, sementara orang percaya lainnya dianggap tidak memiliki panggilan.

Pandangan ini mulai berubah ketika Martin Luther dan John Calvin dan kaum Puritan mengungkapkan bahwa “kita tidak punya pilihan, kita dipanggil, kita semua dipanggil”.

Menyikapi Bisnis Sesuai Etika dalam Kristen

Karena ketidakpastian dalam berurusan dengan bisnis oleh beberapa gereja yang disebutkan di atas, lebih sulit untuk berbicara tentang etika bisnis. Oleh karena itu, berdasarkan referensi dalam karya Paul Stevens, Michael Bell, Robert Banks, dan Gordon Smith, penulis menunjukkan bahwa berbisnis adalah panggilan dari Tuhan dan memiliki nilai yang sama dengan pekerjaan lain, termasuk menjadi hamba Tuhan.

Jelas, memahami bahwa berbisnis adalah panggilan Tuhan sendiri, John Maxwell membuat pernyataan mengejutkan bahwa etika bisnis (Kristen) tidak ada. Pandangan Maxwell adalah bahwa tidak ada etika bisnis (Kristen), hanya ada satu yang berlaku untuk semua aspek kehidupan.

Dari penjelasan ini, kita menemukan bahwa etika bisnis Kristen sebenarnya bukan hanya penerapan nilai dan norma Kristen dalam bisnis, tetapi aplikasi perubahan dalam kehidupan orang percaya yang terpancar dari dalam ke luar. Perubahan hidup seperti ini telah mengubah setiap aspek kehidupan pribadi, menjadi semakin serupa dengan karakter Kristus.

Etika Bisnis Menurut Tokoh Agama Kristen

Maxwell mengungkapkan bahwa setiap orang memiliki aturan/pedoman, yang merupakan aturan emas dari Matius 7:12a, yaitu “apa pun yang Anda ingin orang lakukan kepada Anda, Anda juga harus melakukannya kepada mereka”. Menurut Maxwell, Aturan Emas melintasi batas budaya dan agama dan diterima oleh banyak orang di seluruh dunia karena merupakan kode moral paling universal yang dapat ditemukan manusia.

Maxwell mungkin hanya menyederhanakan etika dengan hanya menggunakan satu ayat dari Firman Tuhan, karena Barnett mendefinisikan etika Kristen sebagai “penafsiran sistematis dari teladan dan doktrin moral Yesus, yang berlaku untuk semua kehidupan manusia dalam lingkungan sosial.”

Dan melalui kuasa Tuhan Roh Kudus.” Sesuai dengan Barnette, Ramsey mengatakan bahwa etika Kristen berakar pada Alkitab dan aktivitas perjanjian Allah dengan umat manusia. Perjanjian antara Allah dan manusia menghasilkan kasih Allah dalam dua hal, yaitu keadilan Allah dan kerajaan Allah dalam ajaran Yesus.

Singkatnya, penulis percaya bahwa etika bisnis Kristen adalah bagian yang tidak terpisahkan dari etika Kristen. Etika Kristen yang sejati didasarkan pada transformasi hidup oleh Roh Kudus, sehingga proporsi, emosi, dan kehendak mereka semakin banyak diproses sehingga mereka dapat hidup sesuai dengan prinsip-prinsip Firman Tuhan.

Dengan kata lain, sebagai orang yang dilahirkan kembali, kita telah memperoleh hidup baru dan berjalan dalam proses pengudusan dengan Roh Kudus, memungkinkan Dia untuk mengubah karakter dan kepribadian kita dari dalam ke luar. Hati yang diperbarui juga menghasilkan perbuatan baik. Jadi Yesus menekankan pembaruan batin (motivasi) daripada perilaku lahiriah.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan, semoga informasi yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin mengetahui etika berbisnis dalam agama Kristen Protestan atau Katolik.

Baca:


Tinggalkan komentar