Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Manfaat Doa Kristen Katolik Protestan

Daftar Isi [show]

Yukristen.com - Fungsi doa kristen. Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas pengertian dan sifat doa kristen. Pada pembahasan tersebut dijelaskan bahwa doa dalam agama Kristen merupakan langkah untuk berkomunikasi kepada Tuhan.

fungsi dan manfaat doa kristen

Nah, kemudian pertanyaan selanjutnya muncul, apa sih fungsinya berdoa kepada Tuhan? Untuk apa kita harus memanjatkan doa kepada Yesus Kristus? Mengapa kita harus menaruh harapan kepada Bapa? Apa untung dan manfaatnya bagi kita yang hidup di dunia?

Bagi yang masih belum mengerti apa sih untungnya kita berkomunikasi kepada Tuhan Yesus Kristus melalui perantara doa, maka sebaiknya baca artikel ini karena pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan fungsi dan manfaat doa Kristen Katolik Protestan.

Informasi yang kami bagikan di bawah ini merupakan informasi yang bersumber dari berbagai situs rohani dan renungan terpercaya yang kemudian kami rangkum sehingga menjadi satu kesimpulan yang mudah-mudahan menjawab pertanyaan kita semua.

Bagi yang mengetahui lebih baik mengenai fungsi dan manfaat berdoa secara Kristen, tidak ada salahnya untuk membuka diskusi melalui kolom komentar yang kami buka di bawah ini. Langsung saja silahkan disimak.

Fungsi Doa Kristen

Doa merupakan suatu yang sangat penting bagi hidup orang percaya. Itulah mengapa doaitu penting, jika tidak penting maka kita tidak perlu berdoa. Namun mengapa doa itu penting? Apa saja fungsi doa sehingga menjadi penting dalam kehidupan? Berikut penjelasannya.

1. Doa Membuat Hati dan Pikiran Tenang

Fungsi utama berdoa adalah menimbulkan rasa tenang dan tentram dalam hati seseorang. Ketenttraman batin, ketenangan hati, dan pikiran akan membuat kita menjadi lebih percaya diri untuk menghadapi masalah dan melewatinya.

2. Doa Sebagai Saluran Berkat Tuhan Dalam Hidup Kita

Fungsi lain dari doa adalah doa sebagai saluran kasih, berkat, dan pertolongan Tuhan atas hidup kita. Ketika kita mendapat berkat, kebaikan, dan pertolongan, maka datangnya dari Tuhan melalui doa kita.

3. Doa Membuat Iman Semakin Kuat

Fungsi dari doa selanjutnya adalah meingkatkan iman dalam diri kita. Melalui doa kita juga akan mendapat kekuatan baru dari Tuhan. Ketika menanti-nantikan Tuhan dalam hidup kita, yang antara lain dapat kita lakukan ketika berdoa, kita ibarat sebuah baterai yang diisi ulang dengan sumber listrik untuk mendapat energi baru.

4. Doa Membuat Kita Terhindar dari Pencobaan

Alasan lain mengapa doa itu diperlukan adalah karena doa berfungsi untuk menghindarkan kita dari pencobaan dan dosa. Tuhan Yesus bahkan menegur murid-muridNya di taman Getsemnani ketika mereka tertidur di saat mereka seharunsya berdoa.

5. Doa Membuat Kita Mengerti Kehendak Tuhan

Doa juga memiliki fungsi untuk membuat kita semakin paham akan kehendak Tuhan dalam hidup kita. Seringkali kita menjalani hidup dengan bingung tanpa tahu arah, melalui doa, kita bisa mengerti jalan apa yang Tuhan pilihkan untuk kita.

Manfaat Doa Kristen

Sebagai seorang Kristen, doa tentu merupakan hal yang sangat penting sama seperti membaca firman Tuhan. Doa merupakan napas kehidupan orang percaya dan tentu memiliki beragam manfaat antara lain:

1. Doa Memberikan Penyembuhan

Tentu kita ingat kisah Abraham dan Abimelekh di mamna saat itu Abimelekh hendak menghampiri Sara yang sebelumnya telah diminta Abraham untuk berbohon bahwa ia adalah saudara Abraham sehingga mereka berdua bisa selamat ketika menetap di Gerar. Jika saat ini Anda mengalami suatu penyakit, maka berdoalah saat ini juga dan Allah akan bertindak dengan memberikan kesembuhan.

2. Doa Memberikan Pengampunan

Jika saat ini kita menyadari akan kesalahan oleh karena Roh Kudus yang bekerja menggelisahkan dan menobatkan kita, segeralah berdoa. Ketahuilah, Allah yang pengasih akan memberikan pengampunan dan kelegaan kepada siapa saja yangberdoa.

3. Doa Memampukan Melawan Godaan dan Cobaan

Doa juga dapat menjadi kekuatan untuk melawan segala macam godaan dan pencobaan. Jangan mau terkecoh oleh hasuatn iblis, sebab banyak dari mereka yang mencoba silih berganti datang.

4. Doa Memenuhi Keperluan

Apa saat ini kita memiliki hal yang sangaat diperlukan dalam hidup? Apakah saat ini hal tersebut merupakan sesuatu yang penting dan sepertinnya mustahil untuk kita terima? Maka manfaat doa ada pada hal ini sebab kasih Allah tiada batasnya.


Kesimpulan
Sekian pembahasan tentang fungsi doa kristen, struktur doa, manfaat berdoa bagi orang beriman, manfaat membaca alkitab, arti doa dalam bahasa ibrani, apa itu doa kristen, doa menurut alkitab, ayat alkitab tentang doa.

Bagaimana sikap kita saat berdoa, fungsi doa katolik, alasan mengapa doa penting bagi orang kristen, manfaat berdoa bagi orang kristen, manfaat dan peranan doa dalam kehidupan kristen, apa gunanya berdoa.

Baca:
Show comments
Hide comments

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Manfaat Doa Kristen Katolik Protestan"