Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Sifat Doa Kristen Protestan Katolik

Daftar Isi [show]

Yukristen.com - Definisi pengertian doa kristen. Setiap orang Kristen perlu berdoa, karena doa adalah nafasnya orang Kristen dan merupakan cara terbaik untuk menyampaikan isi pesan dari dalam hati kepada Tuhan yang berkuasa.

pengertian doa kristen

Ketika berdoa, kita harus memanjatkannya dengan menggunakan bahasa yang baik, tulus, berdasarkan firman dan kehendak Tuhan, serta percaya bahwa Tuhan memiliki kuasa untuk mengabulkan permohonan kita.

Namun, mungkin masih ada beberapa orang yang belum memahami arti dan makna sesungguhnya mengenai doa kristen. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan sedikit mengenai definisi/penjelasan, sifat, dan cara Tuhan mengabulkan doa kita, silahkan disimak.

Pengertian Doa Kristen

Doa kristen berarti persekutuan, berbicara, ngobrol, atau bercakap-cakap dengan Tuhan Yesus Kristus. Doa merupakan berkat dan hak istimewa yang Tuhan anugerahkan kepada orang-orang yang percaya.

Saat berdoa, seseorang akan menundukkan hati, memusatkan pikiran, dan menyerahkan segala perkara kepada Tuhan Yang Kuasa. Dalam doa, kita memuji dan mengagungkan nama Tuhan. Dalam doa, kita mengakui segala kesalahan dan dosa yang diperbuat.

Doa bukanlah kewajiban yang Tuhan perintahkan, melainkan sebuah kehendak dan keinginan agar Tuhan agar kita berdoa. Karena apabila doa merupakan kewajiban, maka kita akan berdosa apabila tidak berdoa.

Mengabaikan doa merupakan kesalahan, ini tidak ada hubungannya dengan dosa atau tidak, melainkan karena berkat dari Tuhan yang diberikan kepada orang yang percaya sangatlah besar untuk manusia.

Banyak sekali tujuan berdoa kepada Yesus, salah satunya adalah untuk semakin mengenal Tuhan dan Allah yang berada di kerajaan sorga. Sama halnya seperti berbicara dengan seseorang, ketika kita sering berkomunikasi dengan Tuhan, kita akan semakin mengenal-Nya.

Sifat Sifat Doa Kristen

Doa bersifat bebas, artinya siapa saja boleh berdoa kepada Tuhan tak terkecuali orang kaya, miskin, orang terhormat, bahkan orang yang jahat sekalipun boleh berdoa untuk memohon ampun kepada Tuhan, salah satunya dengan memanjatkan doa pengakuan dosa kristen.

Doa merupakan sebuah hal yang telah diketahui oleh Tuhan. Maksudnya, ketika kita hendak berdoa, sebenarnya Tuhan telah mengetahui apa yang hendak kita ucapkan, pergumulan apa yang hendak kita lakukan.

Doa, dalam pengertian yang lebih rinci dapat juga disebutkan memiliki sifat pragmatis, artinya yang benar akan terbukti dengan benar dan yang salah tidak akan memberi manfaat untuk apapun pada kondisi-kondisi tertentu.

Doa kristen, baik Katolik dan Protestan ada yang bersifat tetap dan ada yang bersifat temporer. Ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu apakah doa yang dipanjatkan khusus untuk memohon pertolongan pada satu kondisi.

Cara Tuhan Yesus Mengabulkan Doa

Tuhan tidak akan menjawab doa dalam kondisi tertentu, tetapi Tuhan juga akan mengabulkan doa dalam kondisi tertentu. Berikut adalah cara berdoa dan syarat agar doa yang kita panjatkan dapat dikabulkan oleh Tuhan.
  • Berdoa hanya dalam nama Tuhan Yesus.
  • Berdoa dengan kepercayaan agar Tuhan mengabulkan doa.
  • Dengan sikap merendah di hadapan-Nya.
  • Doa dipanjatkan dengan tulus dari dalam hati.
  • Doa dipanjatkan sesuai kehendak Allah.
  • Berdoa menurut firman Tuhan.
  • Berdoa untuk kebaikan.

Dan masing-masing memiliki penjelasan lebih detail. Bagi yang ingin menambah wawasan mengenai cara-cara Tuhan mengabulkan doa, silahkan simak artikelnya di cara agar doa dikabulkan tuhan.

Kesimpulan
Itu dia penjelasan mengenai pengertian doa kristen, arti doa dalam bahasa ibrani, sifat-sifat, secara umum, menurut para ahli, buku kumpulan doa kristen, asal kata, apa fungsi, kalimat berdoa yang baik, dampak dari doa, mengapa kita harus berdoa, makna berdoa bagi orang kristen dan sebagainya.
Show comments
Hide comments

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Sifat Doa Kristen Protestan Katolik"