Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Doa Syafaat Pada Hari Natal yang Lengkap

Daftar Isi [show]

Yukristen.com - Doa syafaat di hari natal. Natal jatuh pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya. Natal bukan hanya seremonial belaka, namun di balik kemeriahannya terdapat sejarah yang sangat penting untuk umat Kristen.

contoh doa syafaat kristen hari natal

Pada hari natal Yesus lahir ke dunia, kala itu dia menjadi terang bagi gelapnya kehidupan dunia. Setelah kenaikannya ke langit pun, dia masih terus membimbing kita menuju kebenaraan, di hari akhir pun dia akan menjadi juruselamat kita.

Sebelumnya kita telah membahas contoh doa syafaat untuk ibadah umum, yang telah dipublikasikan pada artikel doa syafaat kristen yang singkat. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan satu contoh doa syafaat khusus untuk ibadah di hari natal.

Sebelumnya, kita harus tahu terlebih dahulu apa sih doa syafaat itu, dan apa bedanya dengan doa-doa kristen pada umumnya. Untuk itu, silahkan simak penjelasan mengenai doa syafaat berikut ini terlebih dahulu.

Pengertian Doa Syafaat

Syafaat artinya atas nama orang lain, doa syafaat berarti doa yang diucapkan atas nama orang lain. Maksudnya adalah doa yang kita baca bukan untuk diri kita sendiri, melainkan untuk orang-orang yang kita kenal, termasuk sesama umat Kristiani.

Tidak terbatas pada manusia, doa syafaat juga meliputi doa untuk sesuatu yang tidak hidup, misalnya mendoakan negara, mendoakan kesejahteraan bernegegara, mendoakan keselamatan lingkungan, mendoakan kegiatan natal di seluruh dunia dapat terlaksana dengan lancar dan sebagainya.

Doa syafaat dibaca oleh pendeta pada setiap awal kegiatan ibadah. Pada ibadah hari natal, doa syafaat dibaca untuk mendoakan seluruh elemen yang merayakan ibadah natal agar selalu diberi berkah oleh Tuhan yang kuasa.

Berikut adalah salah satu contoh doa syafaat untuk hari natal bagi umat Kristiani baik Protestan maupun Katolik.

Contoh Doa Syafaat Hari Natal

Pujian kami kepada Tuhan, Ya Kristus sang juruselamat yang hidup. Tidak berhenti Engkau memberikan berkat bahagia untuk kami. Termasuk pada setiap kesedihan, keputusasaan, dan kebimbangan kami, Engkau selalu memberi harapan, penyertaan dan pertolongan setiap waktu.

Termasuk pada malam ini, kami mengucap syukur yang begitu besar kepada-Mu karena membiarkan kami dapat menyatakan kuasa-Mu di tengah-tengah dunia lewat kuasa pranatal pohon terang ini. Lihat kami, anak-Mu yang tulus mempersembahkan pujian dan sembahan kepada-Mu malam ini.

Ya Yesus, Bapa kami yang berada di sorga. Berkatilah kehidupan kami selaku anak-anak-Mu, berilah selalu pengharapan, kekuatan, kebijaksanaan, serta semangat untuk menjalankan tugas serta tanggung jawab kami baik dalam studi, pekerjaan, maupun pergaulan dengan sesama manusia.

Jadikanlah kami pendengar yang baik, pelaksana yang cekatan, dan karuniakan kepada kami umur yang panjang agar selalu dapat membalas jerih payah orangtua serta orang-orang yang terus mendukung kami di kala sulit.

Tuhan, berkatilah malam natal ini agar menjadi malam natal yang penuh kegembiraan, penuh sukacita, jauhkan orang-orang dari kesedihannya, berilah terang pada hati setiap orang. Bimbinglah bangsa dan negara kami agar menjadi lebih baik ke depannya.

Bapa yang baik, tidak lupa kami berdoa untuk keselamatan hingga akhir perayaan natal dan seterusnya. Masih banyak yang ingin kami sampaikan namun Engkau pasti lebih tahu pergumulan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus yang kuasa, kami berdoa. Amin.

Kesimpulan
Itulah contoh doa syafaat natal untuk anak sekolah minggu, untuk pemuda, keluarga, remaja gereja, orangtua, doa syafaat pada hari natal yang singkat, lengkap, mendoakan kesejahteraan, dengan bahasa yang baik, singkat, padat dan jelas.

Baca :
Show comments
Hide comments

Posting Komentar untuk "Contoh Doa Syafaat Pada Hari Natal yang Lengkap"