4 Prinsip Kerja dalam Agama Kristen Protestan

Yukristen.com – Prinsip kerja dalam Kristen. Setiap manusia di muka bumi ini perlu bekerja, karena dengan bekerja mereka bisa mendapatkan nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seperti makan, tempat tinggal, dan lainnya.

prinsip kerja kristen
Namun pekerjaan juga perlu dijalani bukan secara sembarangan, melainkan harus mengedepankan prinsip-prinsip yang diakui dalam Kristen. Dengan demikian, hasil yang kita peroleh bisa menjadi bermanfaat dan berkat bagi semua.

Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. – Kejadian 1:27

Kemuliaan Tuhan paling jelas terlihat melalui tindakannya. Langit, gunung, lautan, dan Anda, sebagai ciptaan manusia-Nya, semuanya adalah manifestasi dari ciptaan-Nya yang agung. Tuhan menciptakan kita menurut gambar-Nya, dan latar belakang gambar di sini bukan sekedar penampakan.

Prinsip Kerja dalam Agama Kristen yang Harus Diketahui

Melansir jackyhd.com, sebagai orang Kristen Anda perlu mematuhi beberapa prinsip kerja untuk mencari penghasilan, baik secara offline atau online. Berikut beberapa prinsip kerja dan bisnis yang harus dipatuhi serta diikuti umat Kristiani.

1. Bukan untuk Sendiri

Sejak zaman Musa, Tuhan mengajarkan umat manusia untuk tidak hanya menikmati semua hasil kerja keras kita. Hal ini tentu saja melanggar prinsip-prinsip ekonomi sekuler yang mementingkan diri sendiri. Namun, Tuhan menegaskan bahwa di setiap makanan yang Anda dapatkan darinya ada hak orang lain. Kita harus rela berbagi dengan orang lain yang kurang beruntung dan memperhatikan menjaga alam.

“Enam tahunlah lamanya engkau menabur di tanahmu dan mengumpulkan hasilnya, tetapi pada tahun ketujuh haruslah engkau membiarkannya dan meninggalkannya begitu saja, supaya orang miskin di antara bangsamu dapat makan, dan apa yang ditinggalkan mereka haruslah dibiarkan dimakan binatang hutan. Demikian juga kaulakukan dengan kebun anggurmu dan kebun zaitunmu.” – Keluaran 23:10-11

2. Anugerah Tuhan

Pekerjaan mengandung rasa malu, karena menjadi beban. Namun, Alkitab mengatakan bahwa pekerjaan Anda adalah hadiah dari Tuhan. Melalui pekerjaan, Anda dapat dengan senang hati menikmati hasil jerih payah Anda, ini adalah kehendak Tuhan.

Dan bahwa setiap orang dapat makan, minum dan menikmati kesenangan dalam segala jerih payahnya, itu juga adalah pemberian Allah. – Pengkhotbah 3:13

3. Melengkapi Umat-Nya

Tuhan tidak hanya memerintahkan manusia untuk bekerja, tetapi juga membekali kita dengan kemampuan dan keterampilan yang kita butuhkan. Apa keterampilan Anda saat ini? Baik itu pengetahuan di bidang hukum, desain, kedokteran, teknik, pendidikan, dll, semuanya adalah anugerah dari Tuhan untuk memungkinkan Anda bekerja.

“Lihat, telah Kutunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda, dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan, untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga; untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan. Juga Aku telah menetapkan di sampingnya Aholiab bin Ahisamakh, dari suku Dan; dalam hati setiap orang ahli telah Kuberikan keahlian. Haruslah mereka membuat segala apa yang telah Kuperintahkan kepadamu.” – Keluaran 3:1-6

4. Sarana Memuliakan Tuhan

Bekerja adalah cara Anda memuliakan Tuhan. Ketika Anda bersinar di tempat kerja sebagai seorang Kristen, orang lain akan memperhatikan. Dengan demikian, nama Tuhan akan dimuliakan. Bahkan, Anda dapat memenangkan orang-orang yang tidak percaya melalui panutan Anda.

Semua orang yang menanggung beban perbudakan hendaknya menganggap tuan mereka layak mendapat segala penghormatan, agar nama Allah dan ajaran kita jangan dihujat orang. – 1 Timotius 6:1

Kesimpulan
Sekian ulasan dari kami menjelaskan tentang prinsip kerja dalam Kristen. Semoga ulasan di atas bukan cuma bisa dijadikan bahan renungan oleh Anda saja, melainkan juga diterapkan dalam kehidupan bekerja dan berbisnis sehari-hari.
Baca: