Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengajar Anak Sekolah Minggu Kristen

Daftar Isi [show]

Yukristen.com - Cara mengajar anak sekolah minggu. Sekolah minggu berawal dari sekolah agama Kristen yang digelar setiap seminggu sekali. Di sini, anak-anak buta huruf diajar untuk bisa membaca.

cara mengajar anak sekolah minggu

Tanpa bantuan dari seklah umum, anak-anak miskin yang kurang terpelajar tidak memiliki kesempatan untuk meningkatkan situasi mereka. Pada abad ke-19, anak-anak bekerja 6 hari seminggu dan hanya memiliki waktu hari minggu untuk belajar.

Sekarang di zaman modern, sekolah minggu lokal memiliki hak istimewa untuk fokus ke pendiidkan Alkitab dibanding sekolah biasa. Guru sekolah minggu mengarahkan anak-anak untuk mengerti secara dalam tentang Alkitab serta mengajarkan caranya berdoa dan melayani orang lain.

Lalu adakah cara khusus untuk menjadi guru pengajar sekolah minggu yang baik dan benar? Penjelasan lengkapnya dapat Anda saksikan pada pembahasan di bawah berikut ini. Silahkan disimak.

Cara Mengajar Anak Sekolah Minggu

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, silahkan simak pembahasan lengkap mengenai cara mengajar anak sekolah minggu yang baik, efisien, kreatif, inovatif, dan lain sebagainya. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Membuat Komitmen

Menjadi guru sekolah minggu adalah keputusan penting. Meski hanya sehari, untuk menjadi guru sekolah minggu yang luar biasa, super teacher bukan hanya diharapkan menjadi pengajar yang baik tapi harus berkomitmen. Guru harus mampu hadir secara konsisten dan berkomunikasi dengan anak-anak selama seminggu.

2. Membangun Hubungan

Super teacher perlu membangun hubungan yang kuat dengan murid-murid, orang tua, serta anggoga keluarga lainnya. Bersedia mengunjungi anak-anak di rumahnya, dekat dengan keluarga mereka, melayani mereka lebih dari seharusnya, ingat ulang tahun mereka, dan tanggal-tanggal penting anak. Selain itu juga perlu menunjukkan kasih sayang kepada anak-anak dengan selalu ada untuk mereka.

3. Membuat Persiapan

Guru yang baik selalu mempersiapkan dan tertarik tentang apa yang mereka ajarkan. Tidak meraba-raba materi dan berkelakuan baik menjadikan mereka guru terbaik. Super tracher bukanlah guru sekolah yang terpaku pada kurikulum, And abisa mengikuti teladan Tuhan Yesus dan menyampaikan pesan penuh makna agar anak-anak dapat mudah mengerti serta mampu menerapkannya dalam kehidupan. Guru sekolah minggu bisa menghabiskan waktu setiap minggunya untuk memohon petunjuk, menemukan petunjuk Tuhan, mengumpulkan dan menyiapkan semua kebutuhan anak-anak sebelum kelas dimulai.

4. Fleksibel

Menjadi fleksibel adalah bagian dari membuat persiapan. Saat Tuhan terlibat, rencana terbaik pun bisa mudah berubah. Terkadang kesempatan yagn luar biasa datang memungkinkan kita menanamkan benih spiritual berbeda dari yang tadinya ingin kita tanamkan. Karenanya guru sekolah minggu yang baik bersedia mengikuti petunjuk dan jalan yang Tuhan berikan kepada mereka tetap dengan persiapan yang matang.

Kesimpulan

Sekian pembahasan lengkap mengenai cara mengajar anak sekolah minggu, cerita anak sekolah minggu, cerita anak sekolah minggu tentang berbohong, bahan ajar sekolah minggu bergambar, renungan anak sekolah minggu, cerita anak sekolah minggu tentang bersyukur, khotbah untuk anak sekolah minggu, kegiatan kreatif dalam sekolah minggu, cerita sekolah minggu bergambar pdf.

Baca:

Show comments
Hide comments

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengajar Anak Sekolah Minggu Kristen"