Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tempat Wisata Rohani Kristen Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Daftar Isi [show]

Yukristen.com - Daftar tempat wisata rohani kristen. Mungkin sebagian orang mengalami kegundahan besar dalam hidup. Ketika menyadari ada satu permasalahan, pikiran tak mampu bekerja sebagaimana mestinya dan justru meledak serta mengakibatkan hati menjadi gundah gulana.

Apabila Anda mengalami hal tersebut, maka satu yang mungkin perlu Anda coba adalah memanjatkan doa penenang hati dan pikiran kristen. Selain itu agar hati makin tenang sehingga dapat berpikir jernih untuk menemukan solusi dalam menghadapi cobaan, Anda bisa mencoba berpiknik ke tempat wisata rohani.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi tempat-tempat wisata rohani terbaik yang wajib dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Selain karena memiliki manfaat untuk membuat hati lebih tenang, juga akan menjadikan kita makin dekat dan mengenal Tuhan.

Di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi tempat wisata rohani Kristen untuk berlibur bersama keluarga. Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, mari kita simak terlebih dahulu apa sih pengertian atau definisi dari wisata rohani Kristen, lalu apa bedanya dengan wisata biasa? Silahkan simak penjelasannya.

Apa itu Wisata Rohani Kristen?

Wisata rohani atau wisata religi merupakan sebuah perjalanan atau kunjungan yang dilakukan individu atau sekelompok orang ke tempat lain yang dianggap penting dalam penyebaran ilmu keagamaan serta pendidikan agama Kristen maupun Katolik.

Kristen dan Katolik meninggalkan banyak sekali peninggalan sejarah penting, seperti makam, gereja/katedral, bekas kerajaan, perhiasan, adat istiadat, budaya, dan sebagainya yang bisa dijadikan potensi daya tarik salah satu kegiatan. Wisata rohani juga disebut ziarah dalam agama Kristen.

Wisata religi atau wisata rohani berbeda dengan wisata ke tempat-tempat yang menyenangkan. Bila pada wisata biasa kita hanya bersenang-senang, namun ketika berwisata atau piknik rohani kita mendalami agama Kristen lebih dalam lagi serta mengenal Tuhan.

Daftar Tempat Wisata Rohani Kristen

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata rohani Kristen yang patut Anda kunjungi dan tak boleh dilewatkan, baik yang ada di Tanah Air Indonesia maupun yang berada di luar negeri, khususnya Yerussalem, Israel. Silahkan disimak.

1. Bukit Doa Pinaling di Minahasa Selatan

Bukit Doa Pinaling di Minahasa Selatan

Pernahkah Anda mendengar istilah Sulawesi adalah Yerussalemnya Indonesia? Hal ini tak lepas dari banyaknya wisata religi umat Kristiani yang dihadirkan di sana. Salah satunya adalah Bukit Doa Pinaling yang tak kalah menarik seperti di Vatikan serta Israel.

2. Goa Muria Lourdes di Kediri

Goa Muria Lourdes di Kediri

Konon, goa ini adalah replika dari Goa Maria di Lourdes, Perancis yang terkenal karena dipercaya sebagai tempat penampakkan Bunda Maria kepada St Bernadette pada 1858. Anda bisa mengunjungi goa ini di kompleks Gereja Pohsarang, Kediri.

3. Taman Wisata Iman Sitinjo di Dairi

Taman Wisata Iman Sitinjo di Dairi

Sangat cocok dijadiakn tempat berfoto dengan nuansa religius srta terdampat beragam pemandangan alam yang menakjubkan membuat Taman Wisata Iman sitinjo di Dairi dapat dijadikan destinasi wisata tujuan agar Natal makin syahdu.

4. Prasasti Salib Besar di Manokwari

Prasasti Salib Besar di Manokwari

Manokwati memiliki tempat bersejarah. Adalah sebuah pulau mansinan di Manokwati yang merupakan pulau pertama kalinya ajaran Injil disebarkan oleh pendeta asal Jerman, Carl William dan Goltlob Geisller pada abad ke-19.

5. Patung Tuhan Yesus Memberkati di Toraja

Patung Tuhan Yesus Memberkati di Toraja

Layaknya patung Kristus penebus di Brazil, Toraja juga memiliki patung ikonik umat Kristiani yang letaknya berada di atas bukit. Patung ini terletak di kasawan Buntu Burake.

6. Goa Maria Sendangsono di Yogyakarta

Goa Maria Sendangsono di Yogyakarta

Ketika memasuki kopleks ziarah yang luas, kita akan dipertemukan dengan berbagai pernak-pernik rohani Kristiani mulai dari Jalan Salib, Goa Maria, pendopo, sungai, hingga tempat penjualan perlengkapan ibadah yang lengkap.

7. Goa Maria Sriningsih di Klaten

Goa Maria Sriningsih di Klaten

Dikelilingi pepohonan besar berusia ratusan tahun, dipadukan dengan udara yang sejuk, peziarah tentu tidak akan melupakan momen ketika berkunjungke Goa Maria Sendang Sriningsih yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah.

8. Goa Fatima Sawer Rahmat di Kuningan

Goa Fatima Sawer Rahmat di Kuningan

Patung Bunda Maria berdiri tegak di sebuah goa yang terdapat air mengalir jernih yang berasal dari Curug Sawer. Tepatnya di Bukit Totombok, terletak di sebelah barat Desa Cisantana. Kunjungi tempat ziarah rohani terbaik ini di Kuningan, Jawa Barat.

9. Bukit Doa di Tomohon

Bukit Doa di Tomohon

Hamparan rumput hijau selalu memanjakan mata, bersih dan rapi tempat ini menjadikan Bukit Doa di Tomohon bisa dijadikan sebagai sarana berdoa kepada Tuhan Yesus, piknik, maupun tempat pemberkatan nikah.

10. Sumur Maria Kitiran Mas di Yogyakarta

Sumur Maria Kitiran Mas di Yogyakarta

Lokasinya tepat berada di dalam gereja St Maria Assumpa di Paroki Pakem Yogyakatra. Di dalamnya juga terdapat dua sumur yang berasal dari mata air yang sama yang dilengkapi dengan ember bergambar salib.

11. Tembok Ratapan

Tembok Ratapan

Memiliki tinggi hingga 19 meter, Tembok Ratapan yang disebut juga dengan Wailing Walldiyakini sebagai kuil Yahudi yang sangat terkenal di dunia. Tempat ini jgua menjadi simbol toleransi bagi seluruh umat beragama, tidak hanya Kristen saja.

12. Church of the Holy Sepulchre

Church of the Holy Sepulchre

Di Kota Yerussalem, terdapat tempat ziarah umat Kristen paling kudus, namanya adalah Church of the Holy Sepulchre atau Gereja Makam Kudus yang konon tempat ini merupakan tempat disalibnya Yesus yang disebut Golgota.

13. The Church of All Nations

The Church of All Nations

Arsitek terkemuka asal Italia membangun sebuah gereja di kaki Bukit Zaitun yang diberi nama The Church of All Nations. Sebab, ada 12 negara yang membiayai pembangunan salah satu gereja yang paling megah di dunia ini.

14. Via Dolorosa

Via Dolorosa

Via Dolorosa adalah jalan di tengah Kota Tua Yerussalem yang memiliki arti Jalan Penderitan/Kesengsaraan. Sebab di sini, dahulu Yesus berjalan menuju Kalvari sambil memanggul kayu salib yang digunakan untuk menyalibnya.

15. Gereja St Anna dan Kolam Bethesda

Gereja St Anna dan Kolam Bethesda

Gereja ini berada di Muslim Kuarter, yakni sebuah Kota Tua di Yerussalem. Konon, tempat ini merupakan saksi bisu di mana Bunda Maria dahulu dilahirkan. Di ujung kompleks ini terdapat Kolam Betesda yang disebut-sebut dalam Kitab Perjanjian (Injil).

Kesimpulan
Demikian rekomendasi daftar tempat wisata rohani kristen terbaik, wisata religi kristen di indonesia dan luar negeri, dunia, israel, wisata rohani yang di tapanuli utara adalah, wisata rohani kristen di Indonesia, terbaik dan wajib dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup serta sebagainya.

Baca:
Show comments
Hide comments

Posting Komentar untuk "15 Tempat Wisata Rohani Kristen Terbaik yang Wajib Dikunjungi"