Doa Makan Kristen Singkat Dengan Bahasa yang Baik

Yukristen.com – Doa makan kristen yang singkat dengan bahasa yang baik. Doa adalah tiangnya agama. Doa juga merupakan salah satu jembatan untuk menyampaikan sepatah dua patah kalimat kepada Tuhan yang Kuasa.

Dalam ajaran Kristiani, seorang jemaat atau hamba Tuhan diminta untuk selalu berdoa pada saat menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Teramasuk ketika sarapan, makan siang atau makan malam.

Doa makan yang dipanjatkan kepada Tuhan ada dua macam, yakni doa sebelum makan dan doa sesudah makan. Kedua doa tersebut meski masih menjadi satu rangkaian namun memiliki makna dan tujuan yang berbeda.

Doa sebelum makan dilakukan untuk mengucap syukur atas berkat dan penyertaan Tuhan Yesus. Sedangkan doa setelah makan dibaca untuk memohon kepada Tuhan agar makanan atau minuman yang masuk ke dalam perut kita dapat menjadi berkah serta energi yang menguatkan.

Doa makan kristen gbi bisa kita jadikan contoh untuk membuat doa makan versi kita sendiri, dengan bahasa yang baik serta kalimat yang singkat, padat dan jelas atau juga bisa membuat kalimat yang lebih panjang tergantung suasana dan kondisi.

Baca: Doa Makan Katolik

Apakah berdoa saat makan diucapkan ketika kita makan sendiri, makan bersama keluarga, saudara, kekasih, suami, istri, anak, kakek, nenek, rekan kerja, sahabat atau orang lain. Kalimat yang dibuat juga harus dikondisikan.

Contoh Doa Makan Kristen

Sebagai contoh, berikut kami berikan beberapa teks doa makan kristen yang singkat dengan menggunakan tata bahasa yang bagus, baik, indah, dan tidak menyinggung siapapun yang pada intinya adalah untuk bersyukur atas penyertaan dan menu hidangan yang disajikan di atas meja.

Contoh doa makan kristen ini kami bagi menjadi dua, yakni doa sebelum makan dan doa setelah makan yang masing-masing memiliki makna berbeda. Berikut adalah kedua contoh bacaan doa yang diucapkan sebelum dan sesudah memakan atau meminum sesuatu.

1. Contoh Doa Sebelum Makan Kristen

Puji Tuhan kepada-Mu, Bapa yang bertahta di singgasana Sorga. Hari ini Engkau sertakan kepada kami makanan dan minuman yang nikmat untuk kami santap bersama-sama sebagai pemulih energi dan kekuatan dalam tubuh.

Biarlah seluruh apa yang tersaji di meja makan dapat menjadi sukacita untuk kita semua. Dan semoga, bagi saudara serta orang diluar sana, semoga juga diberi berkah serupa sehingga tidak ada kelaparan dan kesengsaraan. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Aamiin.

2. Contoh Doa Sesudah Makan Kristen

Terima kasih ya Bapa, atas makanan dan minuman yang disajikan kepada kami sebagai bentuk berkat dan penyertaan yang Engkau berikan. Setiap butir makanan dan tetes minuman yang masuk ke dalam tubuh kami semoga dapat menjadi berkat yang bermanfaat.

Semoga makanan serta minuman yang telah kami santap juga bisa menjadi pemulih energi, penyembuh penyakit dan racun serta melancarkan pikiran sehingga bisa fokus melanjutkan aktifitas sehari-hari. Tuhan Yesus memberkati. Aamiin.

Adab Dalam Kristen Saat Makan

Sebagai orang yang beradab, tentu kita harus menjaga sopan santun terutama saat makan. Apalagi bila kita makan bersama orang lain, di tempat keramaian atau menghadiri acara makan bersama teman, rekan kerja dan keluarga.

Mematuhi adab saat makan juga dapat menjadi nilai tambah yang bermanfaat karena untuk menjaga suasana makan agar baik dan supaya tidak mengganggu orang lain yang juga tengah makan. Berikut adalah beberapa adab atau tata cara makan dalam agama Kristen.

  • Pertama adalah mengucap doa sebelum dan sesudah makan.
  • Kemudian makan menggunakan tangan kanan, usahakan dengan sendok.
  • Makan jangan terburu-buru, pelan-pelan saja.
  • Tidak berlebihan ketika mengambil makanan, secukupnya saja.
  • Membantu orang lain untuk mengambil lauk yang jauh dari jangkauan.
  • Makan dengan posisi duduk, tidak berdiri.
  • Tidak bicara sambil mengunyah makanan.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh doa kristen ketika makan baik sebelum maupun setelahnya. Doa makan yang termasuk kumpulan doa kristen sehari-hari, doa makan saat ibadah atau syukuran, perorangan, bersama-sama, penuh syukur, paling mudah dihapal.

Baca :


Tinggalkan komentar