Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Wisata Religi Rohani Katolik di Semarang

Daftar Isi [show]

Yukristen.com - Wisata rohani Katolik di Semarang. Ibu Kota Jawa Tengah ini terletak di utara pulau Jawa. Menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia, Semarang merupakan pusat perekonomian, pendidikan, hingga wisata di Jawa Tengah.

Membahas mengenai wisata, di Kota Semarang ada banyak sekali destinasi-destinasi wisata pilihan dan favorit yang bisa dikunjungi. Semarang merupakan salah satu tempat wisata terbaik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Salah satu yang direkomendasikan adalah tempat wisata rohani Katolik di Kota Semarang. Selain bisa berlibur, kita juga bisa belajar mengenai agama lebih mendalam di sana. Apa saja tempat wisata yang dimaksud? Simak dalam ulasan berikut.

Daftar Wisata Rohani Katolik di Semarang

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak rekomendasi tempat wisata rohani Katolik yang ada di Kota Semarang berikut.

1. Gua Maria Kerep Ambarawa

gua maria kerep ambarawa

Saat berlibur melewati Jawa Tengah, ada satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu Gua Maria Kerep Ambarawa. Berlokasi di kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, lokasi ini cukup mudah ditemukan. Tempat ini adalah tempat ziarah untuk umat Katolik, tapi terbuka untuk umum dan untuk pengunjung agama apapun, bahkan menjadi salah satu ikon wisata di Ambarawa.

Gua Maria ini mulai didirikan sejak tahun 1954 dan terus dikembangkan dan dipelihara dengan baik sampai saat ini. Tidak dipungut bayaran untuk masuk ke dalam, bahkan parkiran pun saat kami kesana tidak dipatok harga tertentu hanya memberikan sumbangan sukarela.

Patung Bunda Maria berdiri dengan indah dan menjulang setinggi 42 meter (tinggi patung 23 m + penopang 19 m). Di bagian bawah patung terdapat lukisan kehidupan Yesus.

2. Sumur Kitiran Mas

sumur kitiran mas

Sumur kitiran Mas berada di dalam sebuah gereja sederhana, Gereja Santa Maria Assumpta Pakem di Jogjakarta. Terdapat dua sumur di dalam gereja ini, salah satu berdiameter 20 cm, dan lainnya berdiameter 70 cm, lengkap dengan alat timba-nya.

Air yang berasal dari sumur ini bisa langsung diminum meski tak dimasak terlebih dahulu dan wajib masuk dalam daftar ziarah-mu saat berkunjung ke daerah Jogjakarta, khususnya Kaliurang.

3. Gua Maria Talangingsih

gua maria talangingsih

Gua Maria Talang Sih Semarang, berada di lereng bukit yang mengarah ke RS Elisabeth Semarang. Dari RS Elisabeth ke arah Tegal Sari sampai di perempatan kecil tepat di sebuah tikungan tajam ambil arah lurus masuk lewat sebuah gapura kecil, kemudian belok kiri dan ketemu tulisan Gua Maria Talang Sih. Gua Maria ini lengkap dengan atribut untuk ibadah Jalan Salib dan tempatnya juga berada persis di samping Kapel Kristus Raja. Masuk dalam otoritas Paroki Atmodirono, Semarang.

Gua ini konon ditemukan oleh pastor-pastor Jesuit. Di bekas tanah milik orang China terkaya di wilayah ini ditemukan pula sebuah mata air yang kemudian dibangun sebuah kolam kecil di depan arca Bunda Maria. pengunjung dan peziarah yang berdoa di tempat ini sambil kakinya dimasukkan ke dalam kolam konon banyak yang dikabulkan doanya.

Kesimpulan
Sekian pembahasan lengkap mengenai wisata rohani katolik di semarang, wisata rohani katolik di semarang, tempat wisata rohani katolik di semarang, wisata rohani katolik semarang, wisata religi katolik di semarang.

Baca:
Show comments