35 Ayat Alkitab Tentang Penghiburan Duka Cita

Yukristen.com – Ayat emas Alkitab tentang penghiburan. Pada kesempatan sebelumnya kami telah membagikan beberapa kumpulan doa kristen untuk orang meninggal sebagai penghiburan keluarga dan kerabat yang ditinggalkan.

Nah pada kesempatan ini kami ingin membagikan kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang penghiburan. Ayat-ayat ini dapat Anda jadikan kutipan pada kata mutiara rohani untuk orang meninggal, ucapan belasungkawa kristen, ataupun renungan kristen tentang orang meninggal.

Selain itu, ayat-ayat emas Alkitab mengenai penghiburan yang berduka ini juga bisa kita renungi sendiri sebagai bekal pelajaran untuk menyadari bahwa suatu saat kita juga akan meninggal dunia. Kita tidak akan hidup abadi dan segala yang kita cintai akan ditinggalkan.

Mudah-mudahan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang penghiburan ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua guna lebih dekat dengan Tuhan, semakin dewasa rohani, dan bisa membantu keluarga atau kerabat dari orang yang meninggal dunia.

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Penghiburan

Langsung saja tanpa basa basi kembali silahkan simak beberapa kumpulan ayat emas Alkitab tentang penghiburan bagi keluarga atau kerabat yang telah ditinggalkan oleh orang meninggal dunia. Silahkan disimak.

1. Penghiburan Atas Kematian Orang Meninggal

1 Korintus 15:56-57
Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat. Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

1 Raja-raja 21:24
Siapa dari keluarga Ahab yang mati di kota akan dimakan anjing dan yang mati di padang akan dimakan burung di udara.

1 Samuel 2:6
TUHAN mematikan dan menghidupkan, Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat dari sana.

1 Tesalonika 4:13
Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.

2 Korintus 1:3-4
Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.

2 Korintus 5:15
Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.

2 Korintus 7-10
Sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat, tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan. Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya. Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

2 Samuel 11:24
Pada waktu itu pemanah-pemanah menembak kepada hamba-hambamu dari atas tembok, sehingga beberapa dari hamba raja mati; juga hambamu Uria, orang Het itu, sudah mati.

2 Samuel 12:19
Ketika Daud melihat, bahwa pegawai-pegawainya berbisik-bisik, mengertilah ia, bahwa anak itu sudah mati. Lalu Daud bertanya kepada pegawai-pegawainya: Sudah matikah anak itu? Jawab mereka: Sudah.

Ayub 19:25-26
Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu. Juga sesudah kulit tubuhku sangat rusak, tanpa dagingkupun aku akan melihat Allah.

2. Penghiburan Bagi yang Berduka

Filipi 1:21-23
Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu. Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus, itu memang jauh lebih baik.

Keluaran 21:15
Siapa yang memukul ayahnya atau ibunya, pastilah ia dihukum mati.

Kisah Para Rosul 13:30
Tetapi Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati.

Lukas 9:60
Tetapi Yesus berkata kepadanya: Biarlah orang mati menguburkan orang mati; tetapi engkau, pergilah dan beritakanlah Kerajaan Allah n  di mana-mana.

Markus 12:27
Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup. Kamu benar-benar sesat!

Matius 5:4
Berbahagialah mereka yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.

Matius 8:22
Tetapi Yesus berkata kepadanya: Ikutlah Aku d  dan biarlah orang-orang mati menguburkan orang-orang mati mereka 1.

Mazmur 61:1-2
Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi. Dari Daud. Dengarkanlah kiranya seruanku, ya Allah, perhatikanlah doaku! Dari ujung bumi aku berseru kepada-Mu, karena hatiku lemah lesu; tuntunlah aku ke gunung batu yang terlalu tinggi bagiku.

Mazmur 94:19
Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku.

Mazmur 116:15
Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya.

3. Penghiburan Duka Cita

Mazmur 119:50
Inilah penghiburanku dalam sengsaraku, bahwa janji-Mu menghidupkan aku.

Pengkotbah 3:1
Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya.

Pengkhotbah 3:2
Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam.

Pengkotbah 7:1
Nama yang harum lebih baik dari pada minyak yang mahal, dan hari kematian lebih baik dari pada hari kelahiran.

Roma 8:31
Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Wahyu 14:13
Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini. Sungguh, kata Roh, supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka.

Wahyu 16:3
Dan malaikat yang kedua menumpahkan cawannya ke atas laut; maka airnya menjadi darah, seperti darah orang mati dan matilah segala yang bernyawa, yang hidup di dalam laut.

Yakobus 2:26
Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.

Yeremia 11:22
Sebab itu beginilah firman TUHAN semesta alam: Sesungguhnya, Aku akan menghukum mereka: pemuda-pemuda mereka akan mati oleh pedang, anak-anak mereka yang laki-laki dan perempuan akan habis mati kelaparan.

Yesaya 41:10, 13
Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.

4. Penghiburan Dalam Penderitaan

Yohanes 6:49
Nenek moyangmu telah makan manna di padang gurun dan mereka telah mati.

Yohanes 6:50
Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati.

Yohanes 8:24
Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu.

Yohanes 11:25-26
Jawab Yesus: Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?

Yohanes 12:24
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.

Daftar Ayat Emas Alkitab Lainnya

Selain ayat-ayat tentang penghiburan, kami juga memiliki beberapa kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan lainnya tentang penghiburan. Silahkan simak di bawah ini.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai dari ayat alkitab tentang penghiburan, ayat alkitab tentang kematian orang katolik, kata penghiburan kepada keluarga yg tinggal, kata penghiburan untuk orang meninggal kristen, kata penghiburan kristen orang meninggal, ayat alkitab untuk batu nisan, mazmur 116 15, ayat alkitab tentang kesabaran, khotbah kristen tentang penghiburan duka cita.

Baca:


Tinggalkan komentar