15 Ayat Alkitab Tentang Pertobatan Sejati Atas Dosa

Yukristen.com – Ayat Alkitab tentang pertobatan. Tidak ada seorang pun manusia di muka bumi ini yang bebas dari dosa. Setiap orang tentu pernah berdosa dalam hidupnya, mulai dari dosa atau kesalahan yang kecil hingga yang besar.

Dosa tersebut akan harusnya dijadikan introspeksi bahwa kita tidak boleh lagi melakukan hal serupa yang menciptakan kerugian untuk diri sendiri ataupun orang lain. Tentu saja hal semacam ini tidak ada sisi positifnya sama sekali.

Oleh karena itu setiap manusia sesering mungkin untuk ingat selalu minta ampun kepada Tuhan dengan memanjatkan doa pengakuan dosa kristen. Namun tak banyak yang menyadari akan hal ini dan membiarkan dosa tersebut melebur dalam diri.

Mungkin ayat Alkitab di bawah ini akan kembali sama-sama menyadarkan kita bahwa memohon ampun kepada Tuhan sangat perlu dilakukan. Apa saja ayat-ayatnya? Tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak pembahasan berikut.

Ayat Alkitab Tentang Pertobatan

Di bawah ini adalah beberapa kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan yang menjelaskan tnetang pertobatan, permohonan ampun atas dosa yang dilakukan, serta pengakuan atas kesalahan yang telah dilaksanakan. Silahkan disimak.

Sejak itu Yesus mulai berkhotbah dan mengatakan, Bertobatlah engkau: karena Kerajaan Surga sudah dekat.

Matius 4:17

Jika kita mengatakan bahwa kita tidak memiliki dosa, maka kita menipu diri kita sendiri, dan kebenaran tidak ada di dalam kita.Jika kita mengakui dosa-dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga mengampuni dosa-dosa kita, dan menyucikan kita dari semua ketidakbenaran.

1 Yohanes 1: 8–9

Karena itu, hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan.

Matius 3:8

Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa untuk bertobat.

Lukas 5: 32

Jawab Yesus kepada mereka: “Kamu sangka orang-orang Galilea ini lebih besar dosanya dari pada semua orang Galilea, sebab mereka menderita seperti itu?Aku berkata kepadamu, Tidak: tetapi, jika kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa juga.

Lukas 13: 2–3

Barangsiapa yang Kukasihi, Aku menegur dan menghajar: karena itu, tekunlah kalian, dan bertobatlah.

Wahyu 3:19

Aku katakan kepadamu, demikian juga ada sukacita di hadapan para malaikat Tuhan karena satu orang berdosa yang bertobat.

Lukas 15:10

Karena itu, bertobatlah dan berbaliklah supaya dosa-dosamu dihapuskan, sehingga waktu penyegaran akan datang dari hadirat Tuhan.

Kisah Para Rasul 3:19

Aku berkata kepadamu, demikian juga ada sukacita di surga karena satu orang berdosa yang bertobat, yang lebih besar dari sembilan puluh dan sembilan orang yang benar, yang tidak memerlukan pertobatan.

Lukas 15:7

Tuhan tidak pernah lalai memenuhi janji-Nya meskipun ada beberapa orang yang menganggapnya sebagai kelalaian; tetapi Ia sabar terhadap kita karena Ia tidak ingin seorang pun binasa, tetapi supaya semua orang dapat bertobat.

2 Petrus 3:9

Karena itu, ingatlah dari mana kamu jatuh, dan bertobat, dan lakukan pekerjaan-pekerjaan yang telah kamu lakukan mula-mula. Jika kamu tidak bertobat, Aku akan datang kepadamu, dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya.

Wahyu 2:5

Masa kebodohan manusia sudah diabaikan oleh Tuhan, tetapi sekarang Dia memerintahkan semua orang di mana saja untuk bertobat.

Kisah Para Rasul 17:30

Karena itu, bertobatlah! Jika tidak, Aku akan datang kepadamu dengan cepat, dan akan berperang melawan mereka dengan pedang dari mulut-Ku.

Wahyu 2:16

Lalu Petrus berkata kepada mereka, “Bertobat, dan kamu masing-masing akan dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosa-dosamu, dan kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Kisah Para Rasul 2:38

Karena itu ingatlah bagaimana kamu telah menerima dan mendengar, dan berpeganglah teguh, dan bertobat. Jika engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang kepadamu bagaikan pencuri dan engkau tidak akan tahu kapan waktunya Aku akan datang kepadamu.

Wahyu 3:3

Daftar Ayat Emas Alkitab Lainnya

Selain ayat-ayat yang membahas tentang pertobatan di atas, kami juga masih memiliki serangkaian ayat emas Alkitab atau firman Tuhan yang membahas hal-hal menarik lainnya. Silahkan baca pada artikel-artikel yang telah tayang berikut.

Kesimpulan

Itulah sedikit ulasan singkat mengenai ayat alkitab tentang pertobatan, ayat alkitab tentang pengampunan dosa, ayat alkitab tentang dosa, ayat alkitab tentang bersyukur, ayat alkitab tentang kasih, ayat alquran tentang bertobat, ayat alkitab tentang iman, ayat alkitab tentang kematian, ayat alkitab tentang hidup baru.

Baca:


Tinggalkan komentar