Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Ayat Alkitab Tentang Pengampunan Dosa

Daftar Isi [show]

Yukristen.com - Ayat Alkitab tentang pengampunan dosa. Setiap orang tentu pernah berbuat dosa dalam kehidupannya, entah itu secara disengaja ataupun tak disengaja. Kadang, seseorang ingat akan dosanya dan memanjatkan doa pengakuan dosa, namun kadang dosa ini dilupakan.

ayat alkitab tentang pengampunan dosa

Padahal, Tuhan dengan jelas mengingatkan bahwa manusia tidak boleh berbuat dosa. Kalaupun melakukannya karena disebabkan bisikan roh jahat, seseorang harus meminta ampun agar dirinya bersih dan suci kembali.

Hal ini telah banyak tersirat pada kumpulan lagu rohani kristen tentang pengakuan dosa. Banyak musisi dan pencipta lagu rohani yang mengatakan bahwa dosa adalah sebuah hal tabu yang tak boleh didiamkan ketika terjadi.

Pada kesempatan ini, kami juga akan membagikan beberapa kumpulan ayat emas Alkitab tentang pengampunan dosa. Pengampunan adalah hal yang pasti diberikan oleh Tuhan, asalkan dia bersungguh-sungguh memintanya.

Daftar Ayat Alkitab Tentang Pengampunan Dosa

Di bawah ini ada beberapa kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang pengampunan dosa, pemaafan, secara singkat, pendek, ringkas, dan memotivasi serta menginspirasi. Silahkan disimak.

Ampunilah kiranya kesalahan bangsa ini sesuai dengan kebesaran kasih setia-Mu, seperti Engkau telah mengampuni bangsa ini mulai dari Mesir sampai ke mari. Berfirmanlah TUHAN: “Aku mengampuninya sesuai dengan permintaanmu. Hanya, demi Aku yang hidup dan kemuliaan TUHAN memenuhi seluruh bumi
(Bil. 14:19-21)
Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu.
(Mzm. 86:5)
Sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.
(Mzm. 103:12)
Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib.
(Ams. 17:9)
Marilah, baiklah kita berperkara! - firman TUHAN - Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.
(Yes. 1:18)
Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu. Ingatkanlah Aku, marilah kita berperkara, kemukakanlah segala sesuatu, supaya engkau nyata benar!
(Yes. 43:25-26)
Pada Tuhan, Allah kami, ada kesayangan dan keampunan, walaupun kami telah memberontak terhadap Dia. Dan tidak mendengarkan suara TUHAN, Allah kami, yang menyuruh kami hidup menurut hukum yang telah diberikan-Nya kepada kami dengan perantaraan para nabi, hamba-hamba-Nya.
(Dan. 9:9-10)
Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya.
(Yl. 2:13)
Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.”
(Mat. 6:14-15)
Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?” Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.
(Mat. 18:21-22)
Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.
(Mat. 26:28)
Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.
(Mrk. 11:25)
Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia.”
(Luk. 7:3-4)
Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan
(Kis. 3:19)
Jadi ketahuilah, hai saudara-saudara, oleh karena Dialah maka diberitakan kepada kamu pengampunan dosa. Dan di dalam Dialah setiap orang yang percaya memperoleh pembebasan dari segala dosa, yang tidak dapat kamu peroleh dari hukum Musa.
(Kis. 13:38-39)
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
(2Kor. 5:17)
Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.
(Ef. 4:31-32)
Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.
(Kol. 1:13-14)
Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.
(Kol. 3:13)
Dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka.
(Ibr. 10:17)

Kumpulan Ayat Emas Alkitab Lainnya

Tak hanya ayat-ayat emas Alkitab mengenai pengampunan dosa, kami juga memiliki berbagai pembahasan ayat emas yang menjelaskan tema lainnya, seperti yang telah dijelaskan pada artikel-artikel berikut.

Kesimpulan
Demikian pembahasan dari ayat alkitab tentang pengampunan dosa, ayat alkitab tentang memaafkan 70 kali 7 kali, ayat al quran tentang pengampunan dosa, ayat alkitab tentang kasih, ayat petunjuk hidup baru, ayat alkitab tentang mengakui kesalahan, ayat alkitab tentang memaafkan diri sendiri, 1 yohanes 1 ayat 9, ayat berita anugerah.

Baca:
Show comments
Hide comments

Posting Komentar untuk "20 Ayat Alkitab Tentang Pengampunan Dosa"