Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Ayat Alkitab Tentang Sakit Hati yang Menghibur

Daftar Isi [show]

Yukristen.com - Ayat Alkitab firman Tuhan tentang sakit hati. Dalam perjalanan cinta mencari jodoh, seseorang tidak akan selalu menemui kata bahagia, seseorang tidak selalu mencapai kata setia, dan mungin saja, ada duka, derita, serta kesedihan yang melanda.

ayat alkitab tentang sakit hati

Namun, ketika hati sedang merasa patah, jangan pernah larut dalam kesedihan. Sebab Tuhan ada untuk kita membawa keceriaan. Dan sesuai janji Tuhan, Dia telah menyiapkan pasangan yang jauh lebih baik untuk kita dibanding orang yang meninggalkan kita.

Tuhan akan mempertemukan kita dengannya saat waktunya sudah siap. Tuhan telah merencanakan skenario yang begitu indah di mana kita dapat bertemu dengan belahan jiwa dalam cara yang begitu indah dan tak akan terlupakan.

Tuhan telah berfirman, melalui Alkitab dijelaskan bahwa tidak ada alasan untuk bersedih karena sakit hati. Melalui sejumlah ayat emas Alkitab yang akan dituliskan berikut diterangkan pula bahwa kita tidak boleh larut dalam perasaan sakit hati. Namun sebelum itu, mari kita simak beberapa hal yang harus dilakukan saat hati sedang sakit.

Yang Harus Dilakukan Ketika Sakit Hati

Meski tidak mudah, namun sebagai orang yang tengah merasaan sakit karena putus cinta, kita harus melakukan berbagai upaya untuk bisa lepas dari derita hati. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat hati sedang sedih.

Salah satu di antaranya adalah dengan memberikan waktu pada diri sendiri untuk berduka. Luapkan segala kesedihan pada satu waktu, biarkan seluruh rasa sedih itu keluar. Dengan cara ini, rasa sakit akan berkurang sedikit demi sedikit.

Jadilah pribadi yang lebih aktif dengan cara melakukan kegiatan baru, bertemu orang-orang baru dan cara ini cukup ampuh untuk melupakan peristiwa buruk yang menimpa diri kita dan menyebabkan hati kita merasakan sedih dalam waktu yang lama.

Anda juga bisa mencoba bercerita kepada orang yang dapat dipercaya. Jangan pernah memendam perasaan sakit sendiri. Sebab dengan berbagi, kesulitan akan dapat dilewati dengan lebih mudah dan rasa sakit pun perlahan-lahan akan hilang serta terlupakan.

Ayat Alkitab Tentang Jangan Sakit Hati

Beberapa ayat emas firman Tuhan atau ayat Alkitab di bawah ini menjelaskan bahwa kita boleh merasakan sakit hati, namun jangan terlalu larut di dalamnya karena hal tersebut hanya akan menyebabkan efek yang lebih buruk bagi kehidupan kita.

Mazmur 147:3
Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka.

Ulangan 31:8
Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau, janganlah takut dan janganlah patah hati.

Mazmur 34:19
TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Yeremia 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Mazmur 73:26
Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.

Yohanes 14:27
Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Mazmur 51:19
Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.

Ulangan 31:6
Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.

Yosua 1:9
Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.

Yesaya 26:3
Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya.

Mazmur 62:9
Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita. Sela

Mazmur 147:3
Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka.

Yehezkiel 36:26
Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

Nahum 1:7
TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya

Ibrani 4:16
Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Pengkhotbah 3:4
ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari;

Amsal 17:22
Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Ayub 5:2
Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati.

Mazmur 19:9
Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya.

Amsal 12:16
Bodohlah yang menyatakan sakit hatinya seketika itu juga, tetapi bijak, yang mengabaikan cemooh.

2 Korintus 1:3-4
Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai ayat alkitab tentang sakit hati dan kecewa, dendam, ayat firman Tuhan tentang jangan sakit hati, menghilangkan dan sebagai obat rasa sakit di dalam hati, ayat yang menguatkan saat merasa sakit hati, memulihkan hati yang luka, hancur, kecewa, menghibur, sedih, ingin move on, dan yang lain.

Baca:
Show comments
Hide comments

Posting Komentar untuk "21 Ayat Alkitab Tentang Sakit Hati yang Menghibur"