Iklan Atas

Doa Syafaat Kristen yang Benar dan Singkat

Daftar Isi [hide]

    Yukristen.com - Contoh doa syafaat kristen yang singkat. Secara bahasa, syafaat adalah upaya untuk memberikan pertolongan atau bantuan kepada orang lain. Pada hakikatnya, syafaat adalah doa sebagai perantara memberikan kebaikan kepada orang lain dan menjauhkannya dari keburukan.

    contoh doa syafaat kristen

    Dalam pengertian syafaat, bukan kita yang mendapat 'sesuatu'. Melainkan kita memberikan 'sesuatu' yang diberikan oleh orang lain kepada orang lain. Secara gaulnya, kita merupakan kurir atau perantara yang mengantar barang milik orang lain ke alamat yang dituju.

    Dalam kehidupan Kristiani, syafaat kerap dijadikan sebagai doa ketika beribadah di gereja maupun di tempat lain. Baik itu untuk ibadah natal, paskah, misa, kenaikan yesus kristus, jumat agung, maupun ibadah harian seperti hari minggu, hari jumat, hari senin, sekolah minggu ataupun ibadah rumah tangga.

    Nah, sekarang sudah tahu kan, apa syafaat itu? Lalu, sekarang pertanyaannya adalah apakah syafaat itu? Bagaimana penjelasan mengenai doa syafaat yang kerap dibaca pada awal rangkaian ibadah? Sebelum masuk ke contoh doanya, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian doa syafaat kristen.

    Apa itu Doa Syafaat Kristen?

    Secara singkat, doa syafaat Kristen berarti berdoa atas nama orang lain, mendoakan seseorang atau sekelompok orang yang tidak sedang bersama-sama melaksanakan ibadah di satu atap gereja. Doa syafaat juga berarti 'mendoakan orang lain'.

    Banyak sekali macam-macam doa syafaat ini, mulai dari doa syafaat untuk bangsa dan negara Indonesia, gereja dan pelayanan, perusahaan, teman-teman kantor, saudara, sekolah, pemuda-pemudi gereja, baik Katolik maupun Protestan.

    Doa syafaat sering dibaca pada permulaan ibadah. Dalam berdoa, pendeta dapat menggunakan bahasa apapun baik bahasa Indonesia yang baku, maupun bahasa daerah seperti Batak, Jawa, Sunda, Mando ataupun bahasa-bahasa lain di seluruh Indonesia.

    Yang penting tidak keluar dari intisarinya yakni mendoakan kebaikan dan keselamatan orang lain. Baik yang dikenal maupun tidak. Itulah syarat mutlak sebuah doa dapat dikatakan menjadi doa syafaat yang benar.

    Contoh Doa Syafaat Kristen

    Teks doa syafaat biasanya cukup panjang, berbeda dengan doa sehari-hari agama Kristen yang bisa dibaca singkat atau ringkas. Maka dari itu pada doa syafaat biasanya terdiri dari tiga pokok pembahasan, yakni awalan, isi dan penutup.

    Berikut adalah contoh dari doa syafaar kristen yang tergolong singkat mulai dari pembuka hingga akhiran. Contoh doa syafaat krisen:

    1. Awalan Doa Syafaat

    Kepada Bapa yang berada di Kerajaan Sorga. Pertama-tama kami mengucap banyak terima kasih atas berkat dan penyertaan yang Engkau berikan sebagai bentuk kasih sayang kepada kami sehingga pada kesempatan ini, kami dapat berkumpul bersama untuk memuliaka nama-Mu.

    Terlebih kami menyadari bahwa raga, hati dan pikiran kami masih memiliki banyak kekurangan, masih sering berbuat dosa baik disengaja maupun tidak, namun Engkau tetap mengasihi kami sebagaimana seorang Bapa kepada anaknya.

    Sebelumnya kami memahami bahwa Engkau telah lebih dulu mengetahui tentang doa syafaat yang akan kami ucapkan bersama. Dan biarlah kami mengucap doa sebagaimana keyakinan bahwa Tuhan sudah mengetahui apa yang hendak terjadi.

    2. Isi Doa Syafaat

    Kami memohon kepada Engkau supaya tempat ini, gereja yang tengah kami pijak beserta gereja-gereja di tempat lain dapat turut ditambahkan jiwa-jiwa gres sehingga dapat sama-sama beribadah dengan kami. Tidak lupa kami berharap supaya gereja ini akan semakin baik ke depannya.

    Kami memohon pula supaya para pelayan-pelayan gereja, worship leader, pemain musik, tambora, penyanyi, penerima tamu, guru sekolah minggu, dan pelayan Allah lainnya serta jemaat gereja di sini dapat tetap Engkau beri kekuatan supaya terus mampu memberi pelayanan terbaik kepada Engkau.

    Kami juga berdoa supaya jemaat dan para pelayan di gereja lain dapat diberi penyertaan dari-Mu seperti apa yang Engkau berikan kepada kami. Termasuk kepada mereka yang belum berkesempatan hadir di gereja, semoga Allah mampukan mereka di kemudian hari.

    Tidak luput, kami juga ingin memohon kepada Engkau supaya pemerintahan dalam negeri dapat membawa kebaikan dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Baik itu Presiden besera jajaran menterinya, anggota DPR, DPRD tingkat kota, provinsi atau kabupaten, camat, lurah hingga ketua RT dan RW.

    Semoga mereka dapat menjalankan tugas sebagaiamna mestinya. Semoga negara ini juga dijauhkan dari segala macam marabahaya meliputi pertikaian dalam negeri ataupun ancaman yang mungkin timbul dari negara lain.

    3. Penutup Doa Syafaat

    Sejatinya masih banyak permohonan yang ingin kami sampaikan. Namun karena keterbatasan waktu yang kami miliki, mungkin hanya sebagian saja yang terucap dari mulut. Sejatinya Engkau telah mengetahui permohonan apa yang belum terucap dalam hati kami.

    Biarlah doa ini dapat menjadi kehendak-Mu sehingga menjadi kekuatan yang membuat kami dapat beraktifitas dalam kehidupan sehari-hari dengan baik serta mampu melewati pencobaan yang Engkau berikan dengan hati sabar.

    Kiranya Tuhan memberkati segala sukacita yang hadir di sini. Kiranya Tuhan sedia memberikan umur yang panjang sehingga pergumulan ini akan terulang keesokan harinya. Dalam nama Tuhan Yesus sang juru selamat yang hidup, kami memohon doa. Haluleya, Amin.

    Kesimpulan

    Itulah contoh tulisan, kalimat, teks kata kata doa syafaat kristen yang benar singkat, cara, pokok, in english, contoh doa syafaat pemuda gereja, doa pembukaan persekutuan doa kristen, lagu rohani untuk doa syafaat yang singkat, padat, jelas, pdf, doc, mp3, download.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    Belum ada Komentar untuk "Doa Syafaat Kristen yang Benar dan Singkat"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel